Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Menganalisis pengaruh nilai-nilai etika
bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap citra perusahaan PT. Bank
Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Makassar, dan 2) Menjelaskan faktor yang
dominan pengaruhnya terhadap citra perusahaan PT. Bank Muamalat Indonesia,
Tbk. Cabang Makassar
Penelitian ini bersifat eksplanatory research, yakni penelitian menjelaskan
causality relationship antara variabel nilai-nilai etika bisnis, tanggung jawab
sosial perusahaan, dan citra PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang
Makassar. Adapun bentuk penelitian ini adalah metode survei, metode penelitian
yang memanfaatkan kuesioner dalam pengumpulan data utama dan mengambil
sampel dari populasi. Adapun lokasi penelitian adalah pada PT. Bank Muamalat
Indonesia Tbk. Cabang Makassar
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel nilai-nilai etika bisnis
tidak berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan PT. Bank Muamalat
Indonesia Tbk. Cabang Makassar, 2) variabel tanggung jawab sosial perusahaan
berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan PT. Bank Muamalat Indonesia
Tbk. Cabang Makassar, dan 3) variabel yang paling dominan mempengaruhi citra
perusahaan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Makassar, adalah
tanggung jawab sosial perusahaan.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) dominannya pengaruh tanggung
jawab sosial perusahaan terhadap citra perusahaan PT. Bank Muamalat Indonesia
Tbk. Cabang Makassar memberikan implikasi bahwa variabel ini merupakan
metode yang paling efektif untuk membentuk opini publik terhadapa citra PT.
Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Makassar, Karena itu, disarankan untuk
meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan ke area yang lebih luas lagi, 2)
diperlukan peningkatan atau perubahan mendasar dari etika bisnis yang
dijalankan. Untuk itu, disarankan bahwa penerapan etika bisnis tidak hanya
dilakukan dalam konteks person to person terhadap pihak yang menjalin
kerjasama. Namun juga mengarah kepada peningkatan kapasitas sumber daya
manusia dalam mendukung perubahan ke arah citra perusahaan yang lebih baik.