DETAIL DOCUMENT
Upaya Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik pada MAN 2 Watampone
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-06-09 07:15:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiminat belajar bahasa Arab pesetadidikpada MAN 2Watampone,kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkanminat belajar peserta didik pada MAN 2 Watampone,serta upaya guru dalammeningkatkan minat belajar bahasa Arab peserta didik pada MAN 2 Watampone. Metode Penelitian yang digunakan untuk memecahkanmasalah diatas makapeneliti melakukan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulandata melalui penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara dandokumentasi.Data yang diperoleh dan dianalisis melalui tiga tahapan secaraberkesinambungan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar Bahasa Arab pesertadidik pada MAN 2 Watampone masihdalam kategori sedangkarena dipengaruhi olehberbagai faktor baik yang sifatntya internal ataupun eksternal,Adapunkendala yangdihadapi guru yang sifatnya internal adalah belum meratanya tingkat kecerdasan danbakat siswa yang berkaitan dengan bahasa Arab disertai dengan mental untukmenggunakan berbagai fasilitas pembelajaran secara proporsional danbertanggungjawab sementara yang sifatnya eksternal adalah ruang kelas yang panasserta keterbatasan guru bahasa Arab sehingga berimplikasi pada kepadatan jadwalmengajar.sehingga diperlukan upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan minatbelajar bahasa Arab mereka. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasaArab pada siswa MAN 2 Watampone dilakukan dengan berbagai upaya berbasisperan mereka sebagai guru yang meliputi pendidik, sebagai pengajar, sebagaipembimbing, sebagai pemimpin, sebagai pengelola pembelajaran, sebagai model danteladan, sebagai anggota masyarakat, sebagai administrator, sebagai penasehat,sebagai inovator, sebagai pendorong kreativitas, sebagai emansipator, sebagaievaluator, serta sebagai kulminator.Selain ituUpaya gurudalammeningkatkan minatbelajar bahasa Arab pada siswa MAN 2 Watampone adalah denganmemberikanpendekatan, metode, dan teknik yang bervariasi, memaksimalkan berbagai fasilitasdan sumber pembelajaran yang tersedia, serta melakukan kerjasamadengan pihak-pihak dari luar MAN 2 Watampone. Implikasi dan rekomendasi penelitian bahwa proses pembelajaran bahasaArab merupakan proses yang sangat kompleks yang pada akhirnya berimplikasi padaminat belajar bahasa Arab pserta didik. Guru bahasa arab dalam berbagai perannya seperti pendidik, sebagai pengajar, sebagai pembimbing, sebagai pemimpin, sebagaipengelola pembelajaran, sebagai model dan teladan, sebagai anggota masyarakat,sebagai administrator, sebagai penasehat, sebagai inovator, sebagai pendorongkreativitas, sebagai emansipator, sebagai evaluator, serta sebagai kulminator harusmampu mengidentifikasi posisi yang tepat dalam memulai upaya meningkatkan minatbelajar bahasa Arab peserta didikdengan segala pendekatan, metode, dan teknik yangmelingkupinya. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin