Abstract :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penggunaan media visual di
Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao sudah diterapkan dengan baik
berdasarkan hasil wawancara dengan guru fikhi walaupun masih ada kendala-kendala
diantaranya guru fikhi masih memiliki pengetahuan terbatas dalam memodivikasi
materi pelajaran dalam bentuk PowerPoint yang lebih menarik ditambah dengan
daya listrik yang belum dapat mengakomodasi perangkat elektronik secara
bersamaan, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar peserta didik kelompok
eksperimen rata-rata 50.33% dalam kondisi baik dan 32.08% peserta didik dalam
kondisi sangat baik, kemudian kelompok kontrol rata-rata 42.5% dalam kondisi baik
dan 6.4% peserta didik sangat baik, (3) hasil belajar peserta didik pada kelompok
eksprimen skor rata-rata 86.11 dan kelompok kontrol dengan skor rata-rata 73.44 dari 32 peserta didik, (4) berdasarkan hasil pengolahan data melalui Program
Statistical Package for Sosial Science (SPSS) for windows versi 20.0 dengan teknik
Korelasi Pearson menunjukkan nilai kofisien korelasi xy
= 0.628, kofisien korelasi
xy
2
= 0.686, kofisien korelasi y
1
y
2
= 0.506. dengan nilai sig.
1
= 0.000 pada taraf
signifikan 5%. kemudian hasil analisis korelasi ganda = 0.56 > 0.05. Dengan
demikian hipotesis (H
a
hitung
) yang telah diajukan terbukti yaitu terdapat korelasi pada
penggunaan media visual dengan aktivitas belajar (Y
1
) dan hasil belajar (Y
) pada
Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
2