DETAIL DOCUMENT
Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI IPA SMA Negeri 09 Makassa
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 
Datestamp
2017-06-08 03:54:45 
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang berlokasi di SMA Negeri 09 Makassar, dengan menggunakan pendekatan, yaitu pendekatan teologis normatif, pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi dan pedoman tes motivasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes motivasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik dapat meningkat melalui penerapan strategi kooperatif tipe Jigsaw yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas. Terbukti dari hasil observasi yang dilakukan sebelum diadakan penelitian tindakan yakni motivasi belajar peserta didik sangatlah minim dengan jumlah persentase hasil nilai tes motivasi sebesar 48,44%. Pada siklus pertama, peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran yang kemudian mendapatkan hasil yang cukup memadai yaitu ada peningkatan motivasi belajar yang terjadi pada peserta didik dengan jumlah persentase hasil nilai tes motivasi belajar peserta didik sebesar 57,04% namun belum mencapai target yang diinginkan, sehingga diadakan refleksi terhadap pelaksanaan siklus pertama. Kemudian merencanakan siklus kedua dengan melakukan pengamatan yang lebih spesifik lagi 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin