Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Datestamp
2017-06-08 03:54:45
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang berlokasi di SMA
Negeri 09 Makassar, dengan menggunakan pendekatan, yaitu pendekatan teologis
normatif, pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Data yang digunakan yaitu data
primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi dan pedoman tes
motivasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes motivasi, dan
dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data,
verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik
dapat meningkat melalui penerapan strategi kooperatif tipe Jigsaw yang dilakukan
dalam penelitian tindakan kelas. Terbukti dari hasil observasi yang dilakukan
sebelum diadakan penelitian tindakan yakni motivasi belajar peserta didik sangatlah
minim dengan jumlah persentase hasil nilai tes motivasi sebesar 48,44%. Pada siklus
pertama, peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran yang kemudian
mendapatkan hasil yang cukup memadai yaitu ada peningkatan motivasi belajar
yang terjadi pada peserta didik dengan jumlah persentase hasil nilai tes motivasi
belajar peserta didik sebesar 57,04% namun belum mencapai target yang diinginkan,
sehingga diadakan refleksi terhadap pelaksanaan siklus pertama. Kemudian
merencanakan siklus kedua dengan melakukan pengamatan yang lebih spesifik lagi