Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2017-07-11 05:56:51
Abstract :
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif yaitu kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest adalah 44,92 dan nilai rata-rata posttest adalah 74,05. Sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest adalah 48,95 dan nilai rata-rata posttest adalah 66,35. Berarti untuk kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 29,13, sedangkan untuk kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 17,40. Sesuai dengan kriteria keefektifan, dari hasil uji statistik t-test menggunakan SPSS versi 20 diperoleh sign sign < α atau 0,03 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajar dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif ETH dan siswa yang diajar tanpa menerapkan strategi pembelajaran aktif ETH dimana kelas eksperimen memiliki pemahaman konsep yang lebih baik dari kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif ETH efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa.