DETAIL DOCUMENT
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone
Total View This Week28
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 
Datestamp
2017-06-13 02:36:11 
Abstract :
Penelitian ini merupakan jenis penilitan deskriptif kualitatif, kunci pokok hasil penelitian menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran al-Qur’an dan upaya guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran al-Qur’an di SMA Negeri 1 Lappariaja Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis data, reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam melaksanakan pembelajaran al-Qur’an pada dasarnya, adalah menggunakan kemampuan dasar peserta didik dalam membaca al-Qur’an diimplementasikan ke dalam pembelajaran al-Qur’an sehingga peserta didik dengan mudah berkonsentrasi untuk membaca dan menulis al-Qur’an. Untuk usia peserta didik di SMA tidak terlalu sulit diarahkan untuk membaca dan menulis al-Qur’an, karena mereka sudah terbiasa menulis aksara Qur’an ditingkat SD dan SMP. Guru hanya berperan mengontrol untuk memperbaiki kesalahan peserta didik pada saat mereka membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an. Demikian seterusnya sehingga kelancaran peserta didik untuk membaca dan menulis ayat al-Qur’an dapat diwujudkan namun belum cukup memuaskan. Penelitian tesis ini berimplikasi kepada guru dan peserta didik diharapkan 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin