Abstract :
Penelitian ini merupakan jenis penilitan deskriptif kualitatif, kunci pokok
hasil penelitian menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an
serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran al-Qur’an dan upaya guru
dalam mengatasi hambatan pembelajaran al-Qur’an di SMA Negeri 1 Lappariaja
Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis.
Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Instrumen
penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan
dokumentasi. Analisis data, reduksi data, verifikasi data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam melaksanakan
pembelajaran al-Qur’an pada dasarnya, adalah menggunakan kemampuan dasar
peserta didik dalam membaca al-Qur’an diimplementasikan ke dalam
pembelajaran al-Qur’an sehingga peserta didik dengan mudah berkonsentrasi
untuk membaca dan menulis al-Qur’an. Untuk usia peserta didik di SMA tidak
terlalu sulit diarahkan untuk membaca dan menulis al-Qur’an, karena mereka
sudah terbiasa menulis aksara Qur’an ditingkat SD dan SMP. Guru hanya
berperan mengontrol untuk memperbaiki kesalahan peserta didik pada saat
mereka membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an. Demikian seterusnya
sehingga kelancaran peserta didik untuk membaca dan menulis ayat al-Qur’an
dapat diwujudkan namun belum cukup memuaskan.
Penelitian tesis ini berimplikasi kepada guru dan peserta didik diharapkan