DETAIL DOCUMENT
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMPN 1 Kota Sorong
Total View This Week22
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
2X7.3959847 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu 
Datestamp
2017-06-13 03:09:04 
Abstract :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kota Sorong dilakukan dengan cara kerjasama semua guru dan civitas lembaga sekolah, tetapi guru agama Pendidikan Agama Islam mempunyai peran penting dalam membina akhlak peserta didik melalui proses pembelajaran. Sebelum mengajar guru membuat perencanaan berupa RPP, dan dalam pelaksanaan pembelajaran guru menjadi teladan bagi peserta didik, guru senantiasa menanamkan sikap disiplin dalam pembelajaran, mengajarkan bersikap rasa hormat kepada orang lain dan menanamkan rasa tanggung jawab untuk rajin belajar. Selain itu, guru melakukan evaluasi dengan mengamati dan menanya untuk mengetahui aplikasi akhlak peserta didik di SMPN 1Kota Sorong. Faktor pendukung yaitu implementasi kurikulum 2013 yang mengharuskan melakukan penilaian sikap, adanya kegiatan ekstra pengajian siswa,dan faktor lingkungan peserta didik yang mayoritas muslim.Faktor penghambat yaitu fasilitas ruang agama Islam yang kurang memadai yakni ruangannya sempit dan tidak ada fasilitas papan tulis, meja, dankursi sehingga peserta didik melantai dan tidak disiplin karena duduk berdesak-desakan, kurangnya ruang pembelajaran untuk agama, dan kurangnya rasa peduli peserta didik yakni karena keasyikann mereka bermain sehingga menyebabkan peserta didik tidak disiplin dalam masuk kelas meskipun bel sudah berbunyi. Hasil proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaa akhlak peserta didik di SMPN 1 Kota Sorong tidak tercapai secara maksimal karena banyak hambatan. Sebagian pesertadidik berakhlak baik namun sebagian lain kurang disiplin karena faktor keluarga dan lingkungan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan memberi informasi dan implikasiterhadap dunia pendidikan, terutama mengenai pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik untuk dijadikan pertimbangan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran secara nyata. Guru merupakan figur penting dalam proses pembelajaran. Guru sebagai tauladan bagi peserta didik, apapun yang dilakukan guru merupakan cerminan yang akan diikuti peserta didik. Guru harus berkompeten untuk menciptakan pembelajaran yang sukses dengan membuat perencanaan, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran dengan baik. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin