DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Antara Kegiatan Pembelajaran di Luar Kelas dan Kegiatan Pembelajaran di dalam Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2017-06-22 04:00:17 
Abstract :
Skripsi ini membahas tentang perbedaan hasil belajar matematika , (1) Bagaimanakah hasil belajar matematika dengan kegiatan pembelajaran di luar kelas pada SMP Negeri 2 Turataea Kab. jeneponto, (2) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab. jeneponto, (3) adakah perbedaan hasil belajar matematika sesudah dengan kegiatan pembelajaran di luar kelas dan kegiatan pembelajaran di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negri 2 turatea kab. jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar matematika dengan kegiatan pembelajaran di luar kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto, (2) Hasil belajar matematika denga kegiatan pembelajaran di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto, (3) perbedaan hasil belajar matematika sesudah dengan kegiatan pembelajaran di luar kelas dan kegiatan pembelajaran di dalam kelas pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab. jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto yang berjumlah 128 orang terdiri atas kelas VII 1, VII 2, VII 3, VII 4, dan VII 5. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random atau acak. Sampelnya adalah kelas VIII 1 dan kelas VIII, dimana kelas eksperimen dipilih kelas VIII 1 dan kelas kontrol dipilih kelas VIII. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes dengan menggunakan soal essay sebanyak 10. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata dari kedua kelompok tersebut, yaitu kelas eksperimen dengan kegiatan pembelajaran di luar kelas (pre-test) sebesar 43,3 dan sesudah kegiatan pembelajaran di luar kelas sebesar (post-test) 75,24, kelas kontrol rata-rata pre-test nya 36,65 dan rata-rata post-test nya sebesar 66,44. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan spss versi 18 sebesar 0,026 yang lebih kecil dari pada α = 0,05 (sig (2 tailed) < α = 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran di luar kelas berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Turatea Kab. Jeneponto. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin