DETAIL DOCUMENT
Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas dalam Pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene
Total View This Week40
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 
Datestamp
2017-06-14 02:55:12 
Abstract :
Tesis ini mengkaji pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan menggambarkan proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. 2) Mengidentifikasi danmenemukan faktor pendukung dan penghambat proses Pelaksanaan supervisiakademik pengawasdalampembinaan guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene,serta solusinya,3)Mengetahui hasil proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam pembelajaran guruPendidikanAgama IslampadaSMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifatkualitatif. pendekatan penelitian ini adalah pendekatan teologis normatif, pedagogis, psikologis, dan, pendekatan manajerial. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri atas pengawas, kepala sekolah,dan guru Pendidikan Agama Islam,dan sum-ber data sekunder yang terdiri atasdata pengawas, data sekolah, data guru, sarana prasarana pendidikan, arsip silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran absen pengawas dan lain-lain yang dianggap dapat mendukung hasil penelitian ini. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara,dan checklist dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap,yaitu reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan(verifikasi data).Adapun pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan tiangulasi waktu. Melalui proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data maka ditemukan hasil penelitian bahwa proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene, jika dilihat dari aspek program perencanaan sudah termasuk baik karena sebelum melakukan kegiatan supervisi, pengawas terlebih dahulu membuat suatu perencanaan, misalnya melakukan kesepakatan dengan pihak sekolah yang akan disupervisi sehingga ada persiapan.Adapun faktor pendukung proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene, yaitu kualifikasi akademik dan fasilitas pengawas tersebut. Sementara faktor penghambatnya yaitu rendahnya kompetensi yang dimiliki oleh pengawas.Sementara solusi faktor penghambatnya, yaitu peningkatan kompetensi dan kualifikasi akademik serta perekrutan pengawas secara selektif. Kemudian hasil proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene, belum optimal sehingga tetap harus lebih ditingkatkan lagi terutama pada aspek pelaksanaan dan penilaian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan perubahan kebijakan bagi Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama khusus bidang Pendidikan Agama Islam,baik menyangkut perekrutan pengawas, pemerataan penempatan pengawas,maupun peningkatan intensitas pembinaan pengawas.Diharapkan dapat menjadi koreksi internal pengawas dan dijadikan sebagai bahan evaluasi mengenai kompetensi supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Demi untuk mendapatkan pengawas yang berkompeten dan profesional, hendaknya pihak yang berwenang merekrut pengawas sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin