DETAIL DOCUMENT
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah HIV/AIDS pada SMA Negeri Se-Kabupaten Sorong
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 
Datestamp
2017-06-15 02:30:18 
Abstract :
Jenis penelitian ini kualitatif dan instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri. Pendekatan yang digunakan yaitu teologis, pedagogis, psikologis, manajerial, dan fenomenologis. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengumpulan data diolah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan data/kesimpulan. Data tersebut dianalisis dengan jalan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengecekan data, tri¬anggu¬lasi, dan mengadakan membercheck sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dalam mencegah HIV/AIDS sejak tahun pelajaran 2009-2010 sampai sekarang, pembelajaranya peserta didik memperoleh informasi yang tetap dan benar mengenai penyakit HIV/AIDS. Peran guru PAI dalam mencegah HIV/AIDS yaitu dengan membentuk akhlak mulia, mengetahui cara penularan HIV/AIDS dan dampak negatif HIV/AIDS. Implikasi dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah dan pendidik PAI di SMA Negeri se-Kabupaten Sorong diharapkan berusaha dengan sungguh-sungguh meningkatkan dan mengembangkan kemampuan untuk memperoleh konsep pembelajaran PAI yang lebih baik dan mengaplikasikan pembelajaran yang berkualitas. Pendidik hendaknya berupaya secara berkelanjutan memberi bimbingan dan motivasi kepada peserta didik dalam penerapan pengetahuan dan pemahaman pencegahan HIV/AIDS. Peserta Didik muslim khususnya dapat lebih meningkatkan penerapan nilai keagamaan yang didapatkan di sekolah dan tetap mempu menjadi manusia beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin