DETAIL DOCUMENT
Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII.B Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kota Sorong
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
2X7.31 Pendidikan Islam--Metoda, Sistem dan Media 
Datestamp
2017-06-16 01:14:40 
Abstract :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tanpa memanfaatkan media audio visual pada pembelajaran IPA di MTs Negeri Model Kota Sorong menjadi salah satu penyebab tidak maksimalnya proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik Kelas VIII.B MTs Negeri Model Kota Sorong tanpa memanfaatkan media audio visual memperoleh hasil belajar 19,4% atau 7 peserta didik dari 36 peserta didik yang mencapai KKM. Pembelajaran memanfaatkan media audio visual dengan hasil belajar terdapat 27 peserta didik atau 75% dan 88,9 mencapai KKM. Berdasarkan penghitungan hasil belajar secara meyakinkan pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPApada peserta didik kelas VIII.B MTs Negeri Model Kota Sorong. Hasil tersebut membuktikan hasil belajar pembelajaran yang tidak memanfaatkan media audio visual dengan pembelajaran yang memanfaatkan media audio visual terdapat perbedaan, perbedaan tersebut adalah pembelajaran yang tidak memanfaatkan media audio visual diperoleh hasil yang rendah dan pada pembelajaran yang memanfaatkan media audio visual diperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin