DETAIL DOCUMENT
Pengintegrasian Muatan Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 
Datestamp
2017-04-03 04:55:23 
Abstract :
Masalah dalam disertasi ini adalah bagaimana eksistensi Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar di dalam pengintegrasian muatan pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran. Bagaimana strategi pengintegrasian muatan pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Bagaimana implikasi pengintegrasian muatan pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran terhadap peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Tujuan pengintegrasian muatan pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar adalah membina peserta didik agar memiliki ilmu pengetahuan, sikap dan berprilaku positif terhadap kelestarian lingkungan hidup secara rasional serta bertanggungjawab tentang pengaruh timbal balik antara manusia dengan lingkungan hidup dalam berbagai aspek kehidupan sehingga akan menunjang kesinambungan kehidupan dan kesejahteraan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan teologis, yuridis, manajerial, paedagogik, sosiologis dan historis. Sumber data terdiri atas dua jenis data, yaitu data primer dan data skunder. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen dan Trianggulasi. Pengolahan dan analisis data menggunakan tiga cara, yaitu penyajian data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian. Madrasah Aliyah Negeri1Makassar sebagai lembaga pendidikan yang bercirikan agama Islam sangat penting mengintegrasikan muatan pendidikan lingkungan hidup secara pasif pada mata pelajaran dan diimplementasikan melalui komponen pendidikan, yaitu pendidik, peserta didik, kurikulum, metode, sistem evaluasi, sarana dan prasaran. Pengintegrasian muatan pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar, dilakukan secara pasif pada mata pelajaran yang diajarkannya, yaitu pada mata pelajaran Qur’an Hadis, Aqidah akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, geografi, ekonomi, seni budaya, sosiologi, biologi, fisika dan sejarah. Pengintegrasian dilakukan karena pendidikan lingkungan hidup bukan sebuah mata pelajaran tersendiri dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tidak membenarkan penambahan mata pelajaran di suatu lembaga pendidikan walaupun unsur baru diperlukan dan bermanfaat bagi peserta didik. Pengintegrasian muatan pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar berimplikasi terhadap peserta didik, yaitu termotivasi untuk menuntut ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan yang bersumber dari Qur’an dan hadis karena Qur’an adalah sumber ilmu pengetahuan dan melalui tuntunan Nabi Muhamad memperoleh suritauladan dan diperaktekan dalam kehidupan, melakukan perbuatan baik (akhlak) terhadap Allah dan Rasulnya, terhadap diri, orang lain dan terhadap lingkungan alam. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin