Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Datestamp
2017-06-19 06:22:11
Abstract :
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar peserta didik
di MTS Alkhairat Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli dipengaruhi oleh efektivitas
kinerja guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik telah direalisasikan oleh seluruh komponen guru termasuk kepala sekolah, dalam pelaksanaannya telah
menunjukkan hasil yang positif dan signifikan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini
selain terkait adanya kesadaran guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai
penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran, serta dengan adanya kerjasama,
komunikasi yang baik bagi seluruh stakeholder madrasah dalam mewujudkan tujuan yang
diharapkan bersama dan juga sebagai tujuan pendidikan nasional.
Temuan atau implikasi penelitian ini adalah pentingnya guru memiliki
kemampuan intelektual yang tinggi, disamping kedisiplinan, keterampilan dan etos kerja dalam mewujudkan pelaksanaan proses pembelajaran yang bermutu. Hal ini merupakan perwujudan dari tugas dan fungsi tenaga pengajar/guru itu sendiri, sehingga dalam hal peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat terlaksana dengan baik, melalui keterampilan gru dalam mengimlementasikan efektivitas kinerja guru untuk menjawab problematika yang dihadapi oleh peserta didik.