DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MTs Negeri Sinjai Utara Kabupaten Sinjai
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2017-06-22 03:50:35 
Abstract :
Hasil penelitian menjelaskan bahwa: Pertama, pengelolaan pembelajaran telah berjalan dengan baik meliputi: perencanaan program pembelajaran dengan tersusun program pembelajaran yang sistematis; Pelaksanaan pembelajaran dengan terlaksananya proses pembelajaran; Evaluasi pembelajaran, terlaksananya evaluasi setelah proses pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi peserta didik, meliputi: kemampuan guru menyusun rencana program pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran (membuka dan menutup pembelajaran) dan melaksanakan kegiatan evaluasi untuk mengukur peningkatan prestasi peserta didik. Ketiga, faktor pendukung pengelolaan pembelajaran tersedianya sarana dan prasarana, dan sumber belajar. Faktor penghambat: kesulitan guru merumuskan indikator, dan nara sumber terbatas; Pelaksanaan pembelajaran: alokasi waktu kurang, media pembelajaran terbatas, motivasi belajar dari keluarga peserta didik kurang dan IQ rendah; Evaluasi pembelajaran: peserta didik kurang siap, dan materi yang diujikan banyak. Keempat, solusi hambatan perencanaan program pembelajaran: melaksanakan pelatihan dan pembinaan bagi guru serta memberdayakan forum MGMP; Pelaksanaan pembelajaran: menyajikan materi pelajaran sesuai alokasi waktu, pengadaan media, meningkatkan motivasi belajar, dan pemberian les; aspek evaluasi pembelajaran: menyiapkan peserta didik mengikuti evaluasi, menjawab soal-soal, dan membuat rangkuman materi. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin