Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2017-06-22 03:50:35
Abstract :
Hasil penelitian menjelaskan bahwa: Pertama, pengelolaan pembelajaran
telah berjalan dengan baik meliputi: perencanaan program pembelajaran dengan
tersusun program pembelajaran yang sistematis; Pelaksanaan pembelajaran dengan
terlaksananya proses pembelajaran; Evaluasi pembelajaran, terlaksananya evaluasi
setelah proses pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi peserta didik, meliputi: kemampuan guru menyusun rencana
program pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran (membuka dan menutup
pembelajaran) dan melaksanakan kegiatan evaluasi untuk mengukur peningkatan
prestasi peserta didik. Ketiga, faktor pendukung pengelolaan pembelajaran
tersedianya sarana dan prasarana, dan sumber belajar. Faktor penghambat: kesulitan
guru merumuskan indikator, dan nara sumber terbatas; Pelaksanaan pembelajaran:
alokasi waktu kurang, media pembelajaran terbatas, motivasi belajar dari keluarga
peserta didik kurang dan IQ rendah; Evaluasi pembelajaran: peserta didik kurang
siap, dan materi yang diujikan banyak. Keempat, solusi hambatan perencanaan
program pembelajaran: melaksanakan pelatihan dan pembinaan bagi guru serta
memberdayakan forum MGMP; Pelaksanaan pembelajaran: menyajikan materi
pelajaran sesuai alokasi waktu, pengadaan media, meningkatkan motivasi belajar,
dan pemberian les; aspek evaluasi pembelajaran: menyiapkan peserta didik
mengikuti evaluasi, menjawab soal-soal, dan membuat rangkuman materi.