DETAIL DOCUMENT
Pendekatan Active Learning dalam Pengembangan Pendidikan Islam pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
297.77 Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2017-04-03 08:02:04 
Abstract :
Disertasi ini berkenaan dengan pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate, tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendeskripsikan hakikat pendekatan active learning pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate. kedua, untuk mengungkapkan realitas pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate, dan ketiga, untuk merumuskan hasil implementasi pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer meliputi dosen, pegawai, dan mahasiswa sebagai informan sedangkan data sekunder meliputi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data mempergunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pendekatan active learning pada pembelajaran pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate merupakan proses kegiatan pembelajaran yang subjek didiknya terlibat secara intelektual dan emosional sehingga ia betulbetul berperan dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan belajar, dengan sejumlah strategi pembelajaran yang telah dilakukan oleh dosen Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate. Kedua, realitas pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate yaitu melakukan pembelajaran berbasis kontekstual, melakukan pembelajaran berbasis riset, dan penataan kurikulum berbasis kompetensi yang berorientasi pada pengembangan diri dan senantiasa berorientasi kepada pembentukan intelektualitas dan moralitas peserta didik (mahasiswa) serta mendorong dosen untuk memiliki kualifikasi dan standar kompetensi tertentu yang peka terhadap perkembangan ipteks dan tantangan zaman. Ketiga, hasil pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), yang benar-benar utuh, tidak hanya secara jasmaniah melainkan juga secara batiniah serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang profesional dan dapat diaktualisasikan di masyarakat. Implikasi penelitian dengan pendekatan active learning dalam pengembangan pembelajaran pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate merupakan suatu upaya untuk mengembangkan dan mengarahkan sistem supaya dapat lebih eksis di masa depan yang ideal dan lebih diminati masyarakat tanpa menafikan nilai-nilai moralitas sehingga mampu menjawab tantangan zaman dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara. Disertasi ini diharapkan menjadi sesuatu yang dapat menjadi pedoman oleh para pendidik terutama dalam mengimplementasikan pendekatan active learning dalam mengembangkan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate ke depan sehingga mampu menjadi pioner dari prodi-prodi lain dilingkungan IAIN Ternate. Di masa yang akan datang diharapkan semakin banyak generasi yang mampu memiliki kemampuan akademik dan kepedulian sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam sehingga menjadi manusia yang mampu menghadaPendidikan Agama Islam dan memecahkan persoalan secara profesional serta permasalahan-permasalahan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapinya di masa mendatang, sekaligus dapat mengembangkan kehidupannya baik individu maupun sosial secara religius Islami. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin