Abstract :
Disertasi ini berkenaan dengan pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate, tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendeskripsikan hakikat pendekatan active learning pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate. kedua, untuk mengungkapkan realitas pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate, dan ketiga, untuk merumuskan hasil implementasi pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam
pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN
Ternate. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer meliputi dosen, pegawai, dan mahasiswa sebagai informan sedangkan data sekunder meliputi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data mempergunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pendekatan active learning pada pembelajaran pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate merupakan proses kegiatan pembelajaran
yang subjek didiknya terlibat secara intelektual dan emosional sehingga ia betulbetul
berperan dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan belajar, dengan
sejumlah strategi pembelajaran yang telah dilakukan oleh dosen Prodi Pendidikan
Agama Islam FTIK IAIN Ternate. Kedua, realitas pengembangan pendidikan Islam
pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN
Ternate yaitu melakukan pembelajaran berbasis kontekstual, melakukan
pembelajaran berbasis riset, dan penataan kurikulum berbasis kompetensi yang
berorientasi pada pengembangan diri dan senantiasa berorientasi kepada
pembentukan intelektualitas dan moralitas peserta didik (mahasiswa) serta
mendorong dosen untuk memiliki kualifikasi dan standar kompetensi tertentu yang
peka terhadap perkembangan ipteks dan tantangan zaman. Ketiga, hasil pendekatan
active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate yaitu peningkatan
Sumber Daya Manusia (SDM), yang benar-benar utuh, tidak hanya secara jasmaniah
melainkan juga secara batiniah serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota
masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang profesional dan dapat
diaktualisasikan di masyarakat.
Implikasi penelitian dengan pendekatan active learning dalam pengembangan
pembelajaran pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan IAIN Ternate merupakan suatu upaya untuk mengembangkan dan
mengarahkan sistem supaya dapat lebih eksis di masa depan yang ideal dan lebih
diminati masyarakat tanpa menafikan nilai-nilai moralitas sehingga mampu
menjawab tantangan zaman dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.
Disertasi ini diharapkan menjadi sesuatu yang dapat menjadi pedoman oleh para
pendidik terutama dalam mengimplementasikan pendekatan active learning dalam
mengembangkan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate ke depan sehingga mampu menjadi
pioner dari prodi-prodi lain dilingkungan IAIN Ternate. Di masa yang akan datang
diharapkan semakin banyak generasi yang mampu memiliki kemampuan akademik
dan kepedulian sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam sehingga menjadi manusia
yang mampu menghadaPendidikan Agama Islam dan memecahkan persoalan secara
profesional serta permasalahan-permasalahan dan tantangan-tantangan yang akan
dihadapinya di masa mendatang, sekaligus dapat mengembangkan kehidupannya baik
individu maupun sosial secara religius Islami.