Abstract :
Tesis ini adalah uraian tentang Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya
Menanamkan Nilai-nilai Ajaran Islam (Studi pada Masyarakat Patampanua
Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar). Tujuan penelitian ini adalah
sebagai berikut: a. Untuk mengetahui bentuk-bentuk pelaksanaan pendidikan luar
sekolah dan metode pengajaran agama Islam luar sekolah pada masyarakat
Patampanua, b. Untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan
ajaran agama Islam pada masyarakat Patampanua, c. Untuk mengetahui Urgensi
pendidikan luar sekolah dalam upaya menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam
dimasyarakat Patampanua.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Penulis
melakukan penelitian langsung ke lokasi yaitu Desa Patampanua Kecamatan
Matakali Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian menggunakan analisis
deskriptif kualitatif serta bersifat induktif dalam bentuk distribusi tabel dan
simpulan. Proses penelitian tesis ini menggunakan metode wawancara, dan
observasi. Pendekatan yang digunakan adalah: pendekatan pedagogis, pendekatan
teologis normatif, pendekatan psikologis atau ilmu jiwa. Sumber data ada 2 yaitu:
data primer yang di ambil langsung dari informan dan data sekunder melalui
dokumentasi atau orang yang tidak terlibat langsung dalam ruang lingkup
penelitian. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dalam hal ini sebagai
instrumen kunci (key instrument), peneliti berfungsi menetapkan fokus penelitian,
memilih informan sebagai sumber data, menilai kualitas data, menganalisis data,
menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas semuanya.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pendidikan luar sekolah telah
memberikan peranan yang sangat penting bagi masyarakat desa Patampanua. Hal
itu terbukti dengan adanya berbagai macam kegiatan-kegiatan atau programprogram
yang
diselenggarakan
di
desa
Patampanua.
Adapun
proses
Pendidikan
Luar
Sekolah
di desa Patampanua mengambil bentuk dalam lima jenis yaitu : Majelis
Taklim, PKK, LPM, Pengurus Masjid, dan TK/TPA dengan mempergunakan
berbagai macam metode pengajaran. Tingkat kesadaran masyarakat terhadap
pelaksanaan ajaran agama Islam belum dapat dikatakan maksimal sesuai apa yang
diharapkan dan diperoleh hasil tingkat kesadaran tersebut masuk dalam kategori sedang. Adapun Urgensi Pendidikan Luar Sekolah terhadap pelaksanaan ajaran
agama Islam di Desa Patampanua adalah sudah menampakkan hasil walaupun perlu
pembenahan lebih lanjut untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal. Misanya:
intensitas salat berjamaah semakin nampak, silaturrahim dan kerukunan antara
tetangga semakin terjaga, termasuk kesadaran akan penting penanaman nilai-nilai
ajaran agama sudah semakin terasa di tengah masyarakat.
Implikasi penelitian ini adalah Pendidikan luar sekolah merupakan bagian
integral dari pembangunan Nasional oleh karena itu perlu kerjasama yang baik
antara berbagai pihak untuk mendukung hal tersebut demi meningkatkan kesadaran
masyarakat dalam pelaksanaan ajaran agama Islam di desa Patampanua kecamatan
Matakali kabupaten Polewali Mandar.