Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2017-07-17 03:10:36
Abstract :
Judul pokok penelitian ini adalah minat siswa Madrasah Aliyah Pondok
Pesantren al-Ikhlas Ujung terhadap pembelajaran bahasa Arab. Judul pokok ini
dikembangkan dalam 3 (tiga) sub masalah, dan sekaligus menjadi tujuan penelitian
ini yakni; untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab, minat siswa terhadap
pelajaran bahasa Arab dan upaya guru menumbuhkan dan mengembangkan minat
siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah al-Ikhlas UjungBone.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah al-Ikhlas Ujung-Bone. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis, pendekatan pedagogis
dan pendekatan psikologis. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen angket
yang dibuat oleh peneliti secara saksama, angket tersebut diberikan kepada
responden yang berjumlah 62 siswa dari jumlah populasi 231 siswa. Selain instrumen
angket, juga menggunakan pedoman wawancara dan observasi. Pengumpulan data
selain penggunaan angket juga didukung oleh teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan 3 (tahap) yaitu editing,
koding dan tabulating. Dalam analisis data tentang minat, peneliti menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif. Data tentang pembelajaran bahasa Arab dan upaya
menumbuhkan dan meningkatkan minat siswa, dianalisa dengan menggunakan
tehnik analisis data non-statistik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pembelajaran bahasa
berlangsung dengan baik. Hal tersebut terlihat pada guru yang mampu menggunakan
metodologi pembelajaran dengan baik, meliputi metode dan materi pembelajaran
yang variatif, materi pembelajaran tidak terpaku pada teks buku paket siswa,
menciptakan suasana yang humoris sehingga siswa tidak terlalu tegang dalam
belajarnya. Pembelajaran yang baik tersebut membuat siswa tertarik dan senang dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab di dalam kelas. Adapun minat siswa
sendiri menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran bahasa Arab. Hal itu
terungkap melalui banyaknya pernyataan siswa yang ‚sangat setuju‛ dan ‚setuju‛
terhadap 22 item pernyataan indikator minat. Jumlah pernyataan siswa yang sangat
setuju dan setuju dalam setiap itemnya menunjukkan persentase antara (66,1%)
sampai (95,2%) dari 62 responden. Adapun upaya guru untuk menumbuhkan dan
mengembangkan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab adalah melakukan
variasi metodologi dalam pembelajaran bahasa Arab, membudayakan komunikasi
berbahasa Arab ketika menjelaskan dalam kelas, penjelasan materi yang mudah
dimengerti oleh siswa dan pemberian motivasi.
Implikasi dari penelitian diharapkan adanya upaya proses pembelajaran
bahasa Arab yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah perlu menjaga kontiunitas
penggunaan metodologi pembelajaran yang lebih variatif. Oleh karena itu, yayasan
dan para tenaga kependidikan harus memberikan kontribusi yang memadai. Serta
guru perlu lebih jeli lagi mengembangkan metodologi pembelajaran yang dapat
mengembangkan minat siswa dalam belajar bahasa Arab.