DETAIL DOCUMENT
Kontribusi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profeisonalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Inpres Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi
Total View This Week39
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 
Datestamp
2017-07-17 03:12:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran yang jelas tentang: (1) manajemen kepala sekolah, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kepala sekolah, (3) peningkatan profesionalisme guru PAI di SD Inpres Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dengan metode ini diharapkan dapat diperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna dari kenyataan dan fakta yang relevan. Subyek penelitian adalah: Kepala sekolah, wakil kepala sekolah (kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, humas), staf tata usaha, guru PAI dan siswa. Data diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Instrumen kunci penelitian ini adalah Peneliti. Teknik data yang digunakan adalah model analisis interaktif Milles dan Huberman serta pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah dalam melaksanakan proses manajemennya menggunakan berbagai tahap yakni perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan supervisi (evaluasi) pada bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan hubungan masyarakat (humas). (2) faktor yang mempengaruhi dalam manajemen kepala sekolah mencakup 3 faktor yakni: a) ketersediaan dana b) personalia (guru/karyawan) dan c) ketersediaan sarana prasarana. (3) Peningkatan profesionalisme guru PAI dilakukan dengan mengikutkan guru pada kegiatan seperti; In House Training, MGMP, kegiatan pembelajaran inovatif, kegiatan pembuatan powerpoint dan kegiatan pelatihan komputer. Pelaksanaan pembelajaran di kelas guru Pendidikan Agama Islam menggunakan berbagai model pembelajaran yang bervariatif seperti: model pengajaran cara belajar siswa aktif (CBSA), model pengajaran tuntas, model pembelajaran Inquiry, dan model pembelajaran problem solving. Implikasi penelitian ini diharapkan Kepala SD Inpres Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi perlu melibatkan semua elemen sumber daya sekolah yang ada termasuk guru PAI dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas, berkepribadian dan berprestasi. Guru PAI hendaknya menguasai berbagai metode dan pendekatan pembelajaran, media dan teknologi pembelajaran serta memanfaatkan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin