DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pembelajaran Diskusi Caologium Berbasis Permainan Engklek Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMPN 1 Mapilli Kab.Polewali Mapilli
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-07-19 04:02:58 
Abstract :
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Gambaran hasil belajar fisikapeserta didik kelas VIII SMPN 1 Mapilli dapat terlihat dari nilai minimum 53 dannilai maksimum diperoleh 93, sehingga dari nilai tersebut diperoleh nilai rata-ratasebesar 75,115 berada padakategori tinggi dengan standar deviasi 12,24 dan nilaivarians sebesar 150,025.dan 2)Terdapat Pengaruh hasil belajar fisika yang diajarmenggunakan pembelajaran diskusi caologiumberbasis permainan engklek dimanaterdapat pengaruh berupa peningkatkan hasil belajar fisika sehingga mencapai nilaiKKM > 70, Implikasi penelitian ini adalah 1)Perlu dilakukan penelitian yang serupasehingga sekolah yang ada di daerahdapat memanfaatkan media pembelajaran yangmurah meriah namun dekat dan menyenangkan bagi siswa disekolah,3)Agar penelitiselanjutnya yang ingin meneliti tetang hasil belajardapat menjadikan hasil penelitiansebagai bahan referensi dan kiranya mencoba meneliti kembali penelitian ini denganvariabel yang lain atau variabel yang baru, yang relevan , dan 4) Implikasi lainnyatentang pengaruh hasil belajar yang diperoleh dalam penelitian ini bergantung darisituasi dan kondisi siswa yang ada di lapangan sehingga penggunaan metode danmedia tersebut memerlukan penyesuaian kondisi dan situasi. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin