Abstract :
Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui strategi yang digunakan
Humas dalam mengatasi keluhan pelanggan PLN yang ada di kota Makassar
khususnya keluhan mengenai listrik prabayar. (2) Untuk mengetahui faktor
penghambat dan pendukung PT. PLN dalam mengatasi keluhan pelanggan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian
yang dimaksudkan untuk memberikan informasi yang akurat terkait listrik
prabayar. Sumber data dari penelitian ini adalah Manajer, Humas, pelanggan, serta
staf bagian pelayanan di PT PLN (Persero) Rayon Makassar Timur. Selain itu,
penelitian dilakukan di PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Timur. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan Strategi Humas PT.
PLN (Persero) Rayon Makassar Timur dalam mengatasi keluhan pelanggan pada
listrik prabayar, ada beberapa langkah-langkah yang dilakukan: (1) PLN
mengidentifikasi masalah atau keluhan-keluhan apa saja yang ada terkait listrik
prabayar baik yang bersifat administrasi maupun teknis yang berpotensi
mengancam citra atau reputasi perusahaan (2) PLN tidak pernah memandang ringan
masalah ataupun keluhan-keluhan yang diterima (3) Kemudian PLN menentukan
target atau pelanggan dari informasi yang akan disampaikan atau dikomunikasikan
(4) Selanjutnya menentukan strategi untuk mengatasi keluhan dan sekaligus untuk
memperbaiki citra perusahaan seperti berkomunikasi dan melakukan tindakan (5)
Langkah yang terakhir adalah evaluasi.
Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi Humas ini seperti adanya
penambahan teknisi atau karyawan yang memilik pengalaman di bidang kelistrikan,
adanya petugas call center, kemudian diadakan pelatihan komunikasi terhadap
karyawan sehingga mempermudah dalam berkomunikasi kepada pelanggan dan
adanya pengertian dari pelanggan terhadap keadaan perusahaan. Selain itu, ada pula
faktor penghambatnya seperti keterbatasan SDM dalam hal pelayanan, serta
kurangnya informasi yang diberikan pelanggan kepada pihak PLN.
Implikasi penelitian yang dapat disampaikan untuk PT. PLN (Persero)
Rayon Makassar Timur adalah sebaiknya penerapan sumber daya manusia perlu
mendapat perhatian karena kurangnya SDM dapat menghambat strategi yang telah
ditetapkan Humas, dan sebaiknya perusahaan memiliki karyawan yang memenuhi
kualifikasi, dan perusahaan lebih meningkatkan mutu pelayanan agar pelanggan
selalu merasa puas dengan apa yang diberikan oleh perusahaan.