DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyah Bontocini Kabupaten Jeneponto
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 
Datestamp
2017-04-04 03:52:19 
Abstract :
Tesis ini membahas tentang pengaruh kompetensi pedagogik guru bahasa Arab terhadap motivasi belajar Peserta didik Madrasah Tsanawiyah An-NuriyahBontocini Kab. Jeneponto. Adapun pokok permasalahannya adalah (1) BagaimanaKompetensi pedagogik guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyah Bontocini Kab. Jeneponto? (2) Bagaimana Motivasi belajar bahasa Arab Peserta didikMadrasah Tsanawiyah An-Nuriyah Bontocini Kab. Jeneponto? (3) Apakah adapengaruh Kompetensi pedagogik guru bahasa Arab terhadap motivasi belajar Pesertadidik Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyah Bontocini Kab. Jeneponto? Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode expost facto melaluipendekatan, pedagogis dan linguistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhPeserta didik Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyah Bontocini Kab. Jeneponto sebanyak 236 orang. Jumlah Sampel yang diambil sebanyak 150 orang dengan menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyah Bontocini Kab. Jeneponto berada padakategori sedang dengan frekuensi 99 orang dari 150 responden (2) Motivasi belajarbahasa Arab peserta didik di Madrasah Tsanawiyah An-Nuriyah Bontocini Kab.Jeneponto pada umumnya berada pada kategori sedang dengan frekuensi 91 orang dari 150 responden (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogikguru bahasa Arab terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah Tsanawiyah AnNuriyah Bontocini Kab. Jeneponto, t hitung (5,829)> t tabel (1,645) dan nilai signifikansi(0,000)< α (0.05), maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak atau H 1 diterima. Implikasi penelitian ini adalah adanya keharusan guru bahasa Arab untuk secara optimal mendesain pembelajaran dengan baik, lebih mengenali karakteristikpeserta didiknya, menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik, dan memberikan evaluasi dan penilaian pada peserta didik. Evaluasi dan proses penelitian mesti benar-benar menunjukan kemampuan pesertadidik. Jangan sampai pemberian nilai dipengaruahi oleh hal-hal lain yang tidakberhubungan dengan kriteria pemberian nilai yang sesungguhnya. Perlu adanya pelatihan atau workshop secara rutin bagi guru bahasa Arab terkait dengan peningkatan kompetensi pedagogik seperti pelatihan menyusun RPP, pengembangan metode dan media pembelajaran, serta pelatihan tentang sistempenilaian. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin