DETAIL DOCUMENT
The Comparison of Between Cooperative Learning and Conventional Methods to Increase Students Achievement in Reading Comprehensionat STKIP Muhammadiyah Bone
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.102 Pendidikan, Pengajaran 
Datestamp
2017-04-04 04:33:24 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah membandingkan, apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif dengan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa semester 1 STKIP Muhammadiyah Bone, Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan Desain eksperimen semu, obyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1, STKIP Muhammadiyah Bone yang terdiriatas 60 orang mahasiswa yang di bagi menjadi dua kelas, yakni 30 orang Mahasiswa untuk kelas eksperimen dan 30 orang mahasiswa untuk kelas kontrol. Kedua kelas tersebut diberikan tes awal, sajian materi bacaan yang sama dan diakhiri dengan tes akhir. Instrumenyang digunakan adalah soalpilihan ganda, data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji-t rata-rata. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata/ prestasi belajar mahasiswa kelompok eksperimen yang diajar bacaan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol yang diajar bacaan dengan menggunakan cara konvensional hasil nilai signifikans t-tes (0,012 <0,05) juga menunjukkan adanya perbedaan prestasi yang signifikan dalam membaca antara mahasiswa yang akandiajar dengan cara konvensional. Quesioner dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui minat mahasiswa, pendapat dan sikap setelah diajar melalui belajar bersama. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif lebih unggul dan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa disbanding dengan cara konvensional. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin