DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Pangkajene dan Kepulauan
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
610.73 Perawat dan Teknisi Asisten Layanan Medik 
Datestamp
2017-07-30 16:18:23 
Abstract :
Kualitas pelayanan merupakan tipe pengawasan yang berhubungan dengan kegiatan yang dipantau atau diatur dalam pelayanan berdasarkan kebutuhan atau pandangan konsumen atau pasien. Tujuan kualitas pelayanan dalam keperawatan adalah untuk memastikan bahwa jasa atau produk pelayanan keperawatan yang dihasilkan sesuai dengan standar/keinginan pasien. Ada lima ukuran atau dimensi yang menentukan kualitas pelayanan keperawatan yakni Keandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty) dan Bukti Fisik (Tangible). Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional.Cara penarikan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat signifikan (α=0,05). Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Pangkajene dan Kepulauan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari dimensi keandalan (Reliability) yakni nilai p= 1,000, daya tanggap (Responsiveness) yakninilai p=0,556, Jaminan (Assurance) yakni nilai p=1,000, Empati (Emphaty) yakni nilai p=0,041 dan Bukti Fisik (Tangible) yakni nilai p=1,000. Berdasarkan hasil penelitian, dari lima dimensi kualitas pelayanan keperawatan hanya dimensi empati (Emphaty) yang memiliki hubungan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Pangkajene dan Kepulauan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin