Abstract :
penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Designs yang bertujuan untuk mengetahui: (1) penguasaan konsep fisika siswa yang diajar dengan media pembelajaran Adobe flash player , (2) penguasaan konsep fisika siswa yang
tidak diajar dengan media pembelajaran Adobe flash player dan (3) Perbedaan penguasan konsep fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran adobe flash player dan tanpa media pembelajaran adobe flash player
pada materi dinamika kelas X SMAN 1 Masalle. Desain penelitian yang digunakan adalah The Matching Only Post-Test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Masalle yang berjumlah 121 orang yang tersebar dalam4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik matching. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar
fisika Siswa yang diajar dengan media pembelajaran Adobe flash playersebesar 76,00 dan yang tidak diajar dengan media pembelajaran Adobe flash playersebesar 74,83 di mana frekuensi tertinggi yang diperoleh peserta didik pada kedua kelas tersebut berada pada kategori tinggi. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa t hitung yang diperoleh sebesar 0,50 dan t tabel sebesar 2,000 sehingga t hitung