Abstract :
Tesis ini membahas tentangimplementasi nilai-nilai pendidikan karakter padaSD Negeri Mannuruki Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untukmendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terintegrasi pada pembelajarandi SD Negeri Mannuruki Makassar, (2)untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di SDNegeri MannurukiMakassar, (3) untuk mengungkap hasil implementasi nilai-nilai pendidikan karakterpada SD Negeri Mannuruki Makassar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologisnormatif, pedagogis, dan psikologi. Lokasi penelitian ini adalah di SD NegeriMannuruki Makassar pada kelasVI. Adapun sumber datapadapenelitian ini adalahada dua sumber data, data primer yaitu wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didiksedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yangditeliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dataselanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untukmemastikan validitas data terhadapfokus yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yangterintegrasi padakegiatan proses pembelajaran adalah religius, disiplin, tekun, rasaingin tahu, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan implementasi nilai-nilaipendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui kegiatandrumband, seni tari, olahraga, dan pengayaan dengan cara memberikan motivasi,pemahaman, nasihat, sangsi, keteladanan danhadiahkepada peserta didik.
Sebagai implikasinya, SD Negeri Mannuruki Makassar lebih meningkatkanlagi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baikpadaproses pembelajaran ataukegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakangenerasiyang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.