DETAIL DOCUMENT
Korelasi Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Tingkat Pendidikan Dasar Negeri di Kabupaten Pinrang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
297.77 Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2017-04-06 01:44:14 
Abstract :
Disertasi ini membahas tentang korelasi penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tingkat pendidikan dasar negeri di Kabupaten Pinrang. Variabel penelitian yang merupakan inti dan fokus yang akan dipelajari adalah variabel penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang terdiri atas penyelenggaraan MDT bidang akademik (X1), dan penyelenggaraan MDT bidang sarana dan prasarana, keuangan dan hubungan masyarakat (X2). Pada variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tingkat pendidikan dasar negeri (Y) merupakan variabel dependent yang objek penelitiannya di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tingkat pendidikan dasar negeri di Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Adapun metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket, sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis deskriptif, korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ditemukan: pertama, gambaran penyelenggaraan MDT di Kabupaten Pinrang dilaksanakan dengan baik oleh penyelenggara MDT. Penyelenggara MDT terdiri atas 29 sekolah di tingkat pendidikan dasar yaitu 8 sekolah negeri dan 21 sekolah swasta. Pada penyelenggaraan MDT bidang akademik tergolong kategori tinggi/baik dan signifikan. Sedangkan bidang sarana dan prasarana, keuangan dan humas tergolong sangat rendah dengan nilai kontribusi atau sumbangan sebesar 0,336% dan tidak signifikan. Kedua, tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tergolong kategori sangat tinggi/sangat baik. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara penyelenggaraan MDT terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tingkat pendidikan dasar di Kabupaten Pinrang sebesar rxy 0,771 yang tergolong tinggi/baik. Nilai kontribusi penyelenggaraan MDT terhadap prestasi belajar PAI tingkat pendidikan dasar negeri di Kabupaten Pinrang sebesar 59,44% yang berpengaruh tinggi/baik dan signifikan. Sisanya sebesar 40,56% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yaitu faktor sarana dan prasarana, jaminan pengelolaan dan sumber keuangan, hubungan masyarakat, faktor waktu dan lingkungan pembelajaran, faktor lingkungan keluarga dan masyarakat serta faktor politik pemerintahan daerah sebagai pembuat kebijakan di bidang Madrasah Diniyah Takmiliyah. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan terhadap penyelenggara MDT, guru, siswa, orang tua, masyarakat di semua kalangan profesi dan pemerintah. Implikasi penelitian ini menjadi khasanah intelektual dalam bidang penyelenggaraan MDT sekaligus merupakan bagian dari sikap akademik untuk turut serta dalam memberi sumbangan pemikiran terhadap bangsa dan masyarakat pada umumnya. Sumbangan pemikiran tersebut khususnya mengenai peningkatan sumber daya masyarakat yang cerdas, sehat dan berkualitas. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin