Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2017-04-06 02:14:01
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar
yang dialami peserta didik di kelas III MI Nasrul Haq Makassar, dan strategi guru
untuk menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif
Pendekatan. yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumetasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada beberapa jenis kesulitan belajar
yang dialami oleh peserta didik diantaranya kesulitan belajar membaca, kesulitan
belajar menulis, dan kesulitan belajar berhitung.
Adapun Strategi guru dalam menghadapi peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar. 1) Memilih serta menetapkan strategi yang akan digunakan guru
untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. 2) Memilih dan
menetapkan pendekatan belajar mengajar yang sesuai dengan kondisi yang dialami
oleh siswa, 3) Memilih dan menetapkan prosedur metode, dan tehnik belajar
mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pedoman
oleh guru melaksanakan kegiatan mengajarnya.
Banyak hal yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar. Guru
sering memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang
belum dipahami seputar pelajaran yang dijelaskan, memberikan bimbingan kepada
peserta didik yang berkesulitan belajar baik itu bimbingan kelompok ataupun
bimbingan individual.