DETAIL DOCUMENT
Strategi Pendidik Menghadapi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas III MI Nasrul Haq Makassar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-04-06 02:14:01 
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik di kelas III MI Nasrul Haq Makassar, dan strategi guru untuk menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif Pendekatan. yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada beberapa jenis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik diantaranya kesulitan belajar membaca, kesulitan belajar menulis, dan kesulitan belajar berhitung. Adapun Strategi guru dalam menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. 1) Memilih serta menetapkan strategi yang akan digunakan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. 2) Memilih dan menetapkan pendekatan belajar mengajar yang sesuai dengan kondisi yang dialami oleh siswa, 3) Memilih dan menetapkan prosedur metode, dan tehnik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru melaksanakan kegiatan mengajarnya. Banyak hal yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar. Guru sering memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami seputar pelajaran yang dijelaskan, memberikan bimbingan kepada peserta didik yang berkesulitan belajar baik itu bimbingan kelompok ataupun bimbingan individual. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin