DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1 Kec. Panakkukang Kota Makassar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
297.77 Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2019-06-17 06:46:46 
Abstract :
Tesis ini membahas tentang Penerapan Metode Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1 Kec. Panakkukang Kota Makassar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Metode Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI Pada SDI Pampang 1 Kec. Panakkukang Kota Makassar. 2) Bagaimana Langkah-langkah Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI Pada SDI Pampang 1 Kec Panakkukang Kota Makassar. 3) Apa Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI Pada SDI. Pampang 1 Kec. Panakkukang Kota Makassar. 4) Bagaimana Solusi Mengatasi Faktor Penghambat Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1 kec. Panakkukang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan tentang Penerapan Metode Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Metode Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1 Kec. Panakkukang Kota Makassar. 2) Untuk Menggali Langkah-langkah Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1 kec. Panakkukang Kota Makassar. 3) Untuk Menemukan Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1 kec. Panakkukang Kota Makassar. 4) Untuk Mengetahui Solusi Mengatasi Faktor Penghambat Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI pada SDI Pampang 1 kec. Panakkukang Kota Makassar. Penelitian ini berlokasi di SD Inpres Pampang 1 kecamatan Panakkukang kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. pendekatannya adalah Pedagogis, Sosiologis, dan Psikologis. Sumber data Penelitian ini terdiri Kepala sekolah, Guru Pendidikan agama Islam, dan peserta didik sebagai informan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis atau pengolahan data, menggunakan 3 cara: 1) Reduksi data, 2) Display data, dan 3) verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Metode Pembelajaran al-Qur’an Guru PAI Pada SDI Pampang 1 Kec. Panakkukang Kota Makassar, berjalan dengan baik, karena mengambil skala perioritas diluar jam regular. Pembelajaran diawali dengan pendeteksian kemampuan peserta didik, merancang program pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan penilaian hasil belajar, dan mengembangkan potensi peserta didik. 2) langkah-langkah yang dilakukan guru PAI dalam pembelajaran al-Qur’an adalah Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup. Dalam hal ini Guru PAI mengambil teknik pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode tutor sebaya, 3) Kegiatan pembelajaran al-Qur’an sangat optimal, karena adanya dukungan dari berbagai pihak, baik kepala sekolah, guru PAI, Guru-guru, maupun peserta didik itu sendiri. Hambatannya guru PAI yang belum memadai adalah keterbatasan jam belajar, terbatasnya sarana, keterbatasannya jumlah Guru PAI dan adanya orangtua peserta didik yang masih kurang memberikan motivasi kepada anaknya. 4) Solusi guru PAI mengatasi faktor penghambat pembelajaran alQur’an adalah mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler PAI dan pembinaan moral melalui keteladanan, melengkapi sarana dan prasarana belajar dan keaktifan guru PAI dalam pembelajaran al-Qur’an. Implikasi dari kegiatan tersebut, diharapkan: 1) Bagi guru Pendidikan agama Islam, bahwa penerapan metode pembelajaran al-Qur’an dapat ditinjau dari berbagai aspek, dapat dikembangkan berdasarkan perkembangan metodologis dunia Pendidikan yang semakin variatif. 2) Metode tutor sebaya perlu dikembangkan. 3) Aspek pendahuluan pada tatap muka pertama sangat penting dilakukan untuk memancing kemampuan dan kecenderungan peserta didik serta motivasinya terhadap pembelajaran al-Qur’an. 4) Dalam peningkatan penerapan metode pembelajaran al-Qur’an perlu ditangani oleh stakeholders SDI Pampang 1 serta pihak-pihak terkait, baik secara kelompok maupun individu. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin