Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Datestamp
2017-10-25 02:16:07
Abstract :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan kedisiplinan belajar oleh guru terhadap pencapaian tujuan pembelajaran di MDA al-Qamar Bajeng sangat besar. Hal ini karena tanpa kedisiplinan niscaya kondisi belajar yang optimal tidak akan terwujud. Terwujudnya perilaku belajar yang optimal dan kondusif bagi setiap siswa di MDA al-Qamar Bajeng merupakan salah satu bagian dari peranan kedisiplinan belajar di kelas. Upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan kedisiplinan belajar untuk pencapaian tujuan pembelajaran di MDA al-Qamar Bajeng adalah:1)Melaksanakan tata tertib kelas, 2)Membina disiplin belajar dalam tiap kesempatan,3)Membina tertib pergaulan setiap siswa, 4)Membina belajar tertib lingkungan sekolah, memotivasi siswa untuk senantiasa belajar, guru bersifat komunikatif, dan membantu siswa yang mengalami problem belajar. Dalam upaya mewujudkan pencapaian tujuan pembelajaran bagi murid salah faktor yang mempengaruhinya adalah terciptanya dulu akan kedisiplinan kelas. Hal ini karena, penerapan kedisiplinan khususnya dalam kelas akan mampu menciptakan pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal di lembaga pendidikan ini