DETAIL DOCUMENT
Pelaksanaan Pendidikan Islam dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Madani Pao-Pao Kab. Gowa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 
Datestamp
2017-04-17 03:03:21 
Abstract :
Disertasi ini berkenaan dengan studi Pelaksanaan Pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di MTs Madani Pao-Pao. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di MTs Madani Pao-Pao Kabupaten Gowa, yang menjadi sub masalah dalam penelitian ini adalah, (1) bagaimana proses pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik pada MTs Madani Kab. Gowa. (2) bagaimana peran guru dan orang tua peserta didik dalam pembinaan akhlak mulia di MTs Madani Kabupaten Gowa. (3) bagaimana strategi penerapan pendidikan Islam dalam mengantisipasi krisis Akhlak peserta didik pada MTs Madani Kabupaten Gowa. Adapun Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan sistem pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik pada MTs Madani Kab. Gowa. Kedua, untuk mengungkapkan peran guru dan orang tua peserta didik dalam pembinaan akhlak mulia di MTs Madani Kabupaten Gowa, dan ketiga untuk mengidentifikasi strategi penerapan pendidikan agama Islam dalam mengantisipasi krisis Akhlak peserta didik pada MTs Madani Kabupaten Gowa Metodolgi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, yuridis normatif, pedagogik, dan sosial, Sumber data penelitian ini terdiri dari para kepala madrasah, guru PAI, orang tua siswa pada MTs Madani Kabupaten Gowa sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Instrumen atau daftar pertanyaan, wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan pola deskriptif berupa sumber data dan data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, proses pelaksanaan pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik pada MTs Madani Kab. Gowa yaitu pertama, Pengembangan, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Allah yang ditanamkan dalam lingkup pendidikan keluarga, kedua, Pengajaran, yaitu untuk menyampaikan pengetahuan keagamaan yang fungsional, ketiga; Penyesuaian, yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial dan dapat ber sosialisasi dengan lingkungannya sesuai dengan ajaran Islam, keempat, Pembiasaan, yaitu melatih siswa untuk selalu mengamalkan ajaran Islam, menjalankan ibadah dan berbuat baik, Kedua, Peran guru dan orang tua peserta didik dalam pembinaan akhlak muliah di MTs Madani Kabupaten Gowa yaitu guru dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan, strategi, metode, dan teknik-teknik dalam mengarahkan, memotivasi, dan membimbing peserta didik untuk berpartisipasi, aktif, dan kreatif belajar bersama dengan anggota kelompoknya.Ketiga, Strategi penerapan pendidikan agama Islam dalam mengantisipasi krisis Akhlak peserta didik pada MTs Madani Kabupate Gowa yaitu menerapkan strategi pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan Islami (PAKEMI) dan strategi Sinergitas, pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur dalam bentuk kegiatan intrakurikuler Implikasi penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Islam pada MTs Madani Kabupaten Gowa bahwa pembelajaran di Madrasah diterapkan strategi PAIKEM yang relevan secara integratif dan holistik yaitu model pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran sumber dan media pembelajaran serta lingkungan pembelajaran. Pemahaman peserta didik pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin