DETAIL DOCUMENT
Husen Sarujin
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.102 Pendidikan, Pengajaran 
Datestamp
2017-04-17 05:47:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses implementasi manajemen Pendidikan Islam pada Panti Asuhan di Kota Makassar, mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi manajemen Pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak mulia bagi anak Panti Asuhan di Kota Makassar, mendeskripsikan hasil implementasi manajemen Pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak mulia bagi anak Panti Asuhan di Kota Makassar Penelitian ini kualitatuf yang mengacu pada grand theory manajemen pendidikan Islam. Pelaksanaan penelitiannya mencakup metode penentuan lokasi dan jenis penelitian, pendekatan penelitian lebih mengutamakan grand theori manajemen dan disiplin ilmu lainnya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas dua, yakni data primer dan skunder. Pengumpulkan data melalui survey, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah pengujian data. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menata secara sistematis catatan hasil pengamatan data tertulis dan data tidak tertulis, serta memprediksi hasil wawancara sebagai data pendukung. Penelitian ini merumuskan kesimpulan bahwa proses implementasi manajemen pendidikan Islam pada panti asuhan di Kota Makassar, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan pengawasan, ternyata tidak terwujud. Faktor penghambatnya, adalah ketersediaan dana yang sangat minim, sarana dan prasarana pendidikan terbatas, mentalitas anak panti asuhan yang berbeda-beda, pengasuh panti dengan disiplin ilmu non kependidikan Islam. Faktor pendukungnya, adalah keikhlasan pengasuh panti menjalankan tugasnya dan komitmen yang tinggi, pembinaan berjalan fulltime karena antara pengasuh sebagai pendidik. Hasil implementasi manajemen Pendidikan Islam dalam pembinaan akhlak mulia bagi anak panti asuhan di Kota Makassar, adalah tercapainya ouput berupa akhlak mulia bagi anak Panti Asuhan, berbeda dengan anak lain yang ada di luar Panti Asuhan. Penelitian ini berimplikasi pada urgennya implementasi manajemen pendidikan Islam pada panti asuhan, dan diupayakan secara bertahap agar anak panti asuhan benar-benar berakhlak mulia. Implementasi pendidikan Islam harus menjadi prioritas utama pada panti asuhan. Dalam rangka pembentukan akhlak mulia, disertasi ini telah merumuskan kurikulum pendidikan yang bersentuhan langsung dengan rutinitas panti asuhan. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin