Abstract :
Disertasi ini difokuskan pada pengkajian penanaman nilai-nilai pendidikan
Islam pada pendidikan anak dalam keluarga miskin di kota Makassar (Studi pada
10 Keluarga Miskin di Kecamatan Manggala), dengan pokok permasalahan:
bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan
anak dalam keluarga miskin di Kota Makassar ? Bagaimana faktor pendukung
dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan anak dalam keluarga miskin di
Kota Makassar ? Bagaimana hasil penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada
kehidupan beragama anak dalam keluarga miskin di Kota Makassar ? Tujuannya
adalah (1) penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada pendidikan anak dalam
keluarga miskin di Kota Makassar. (2) menguraikan berbagai faktor pendukung
dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan anak dalam keluarga miskin di
Kota Makassar, (3) menemukan hasil penanaman nilai-nilai pendidikan Islam
pada kehidupan beragama anak dalam keluarga miskin di Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis.
Dalam mengumpulkan data digunakan teknik trianggulasi yang terdiri atas
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif serta divalidasi melalui
validitas internal dan validitas eksternal.
Hasil penelitian: Pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam
dalam kehidupan beragama pada anak dalam keluarga miskin di Kota Makassar
belum maksimal, terbukti bahwa masih banyak orang tua dari keluarga miskin di
kota Makassar tidak peduli dengan kehidupan keagaaman anak dalam
keluarganya. Orang tua sebagai indikator pelaksana penanaman nilai-nilai
pendidikan Islam pada kehidupan beragama anak dalam keluarga miskin di Kota
Makassar belum melaksanakan kewajibannya sebagaimana mestinya. Hal ini
disebabkan banyaknya hambatan yang dihadapi oleh orang tua dalam
melaksanakan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada anak dalam keluarga
miskin di Kota Makassar, baik hambatan internal orang tua maupun hambatan
eksternal. Karena itu, upaya-upaya yang dilakukan oleh sebagian orang tua dari
keluarga miskin di kota Makassar, antara lain: menjalankan metode penanaman
akidah pada Pendidikan anak dalam keluarga miskin: dengan menggunakan
penerapan kalimat tauhid, keteladanan, pembiasaan, nasehat dan pengawasan
sedangkan hasil dari penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada kehidupan
beragama anak dalam keluarga miskin di Kota Makassar adalah penerapan
kalimat tauhid dalam kehidupan sehari-hari, tekun beribadah, berdoa setiap
beraktivitas, istiqamah dan mandiri.
Implikasi penelitian: penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada
kehidupan beragama anak dalam keluarga miskin di Kota Makassar akan lebih
bermakna, menyenangkan, dan Islami serta sesuai harapan orang tua apabila
orang tua dari keluarga miskin paham tentang ayat-ayat al-quran, menanamkan
akidah dengan mengadopsi materi penanaman akidah pada pendidikan anak dalam
keluarga miskin: yang terdiri dari ilahiyat, nubuwat, ruhaniyat, dan sam’iyyat.