DETAIL DOCUMENT
Internalisasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Pembelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari
Total View This Week50
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-04-18 06:49:59 
Abstract :
Disertasi ini mengkaji internalisasi nilai-nilai ajaran Islam dalam pembe-lajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksistensi nilai-nilai ajaran Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari, mengungkapkan bentuk-bentuk penginternalisasian nilai-nilai ajaran Islam pada pembelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari, serta menemukan, mengana-lisis, dan merumuskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan internalisasi nilai-nilai ajaran Islam pada pembelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari serta solusinya Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan fenomenologis dan interaksi simbolik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas sumber data primer (meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan bidang kesiswaan, guru matematika, guru fisika, guru kimia, guru biologi, guru bahasa Inggris, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik) dan sumber data sekunder (yang meliputi profil madrasah, data tenaga kependidikan dan data peserta didik serta unsur penunjang pendidikan lainnya). Instrumen penelitiannya menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpul-an. Untuk menjaga kredibilitas hasil penelitian dilakukan uji keabsahan melalui trianggulasi waktu, trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Melalui proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data maka ditemukan hasil penelitian bahwa eksistensi nilai-nilai ajaran Islam di MAN 1 Kendari tercermin melalui visi institusi yaitu mewujudkan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari sebagai lembaga yang islami, unggul, dan populis dengan misi utamanya menumbuhkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam dan budaya bangsa. Visi misi ini menjadi spirit untuk melaksanakan kegiatan kelembagaan dan pembelajaran yang perwujudannya terintegrasi, terinterkoneksi, dan terinternalisasi melalui beberapa nilai ajaran Islam, seperti kedisiplinan, kejujuran, keadilan, kerja sama, dan tanggung jawab. Nilai ajaran Islam tersebut ke setiap mata pelajaran walauun kenyataan dalam telah didistribusi pembelajarannya terjadi modifikasi sesuai dengan karakter dan tinjauan dari mata pelajaran masing-masing. Selain terinternalisasi ke dalam kegiatan pembelajaran, nilai-nilai ajaran Islam juga menjadi nilai yang dijadikan sebagai norma kegiatan ekstrakurikuler, seperti OSIS, olah raga, kepramukaan, seni budaya, dan kegiatan lainnya. Pada pelaksanaan pembelajaran Mafikibb di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari, saat ini menggunakan kurikulum kombinasi antara KTSP bagi kelas XII dan uji coba pelaksanaan kurikulum 2013 bagi kelas X dan XI, sebagai implementasinya dalam pembelajaran Mafikibb, menggunakan organisasi integrated subject matter curriculum dengan menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam pembelajarannya. Upaya untuk mewujudkan dalam proses pembelajaran digunakan 5 (lima) pendekatan yaitu: indoktrinasi, moral reasoning, forecasting concequence, dan klarifikasi nilai, serta ‘Ibrah dan Ams\a>l. Selain kelima pendekatan juga diterapkan 4 (empat) strategi yaitu strategi keteladanan, analisis masalah, penanaman nilai edukatif secara kontekstual, dan penguatan nilai-nilai yang ada. Bentuk penginternalisasian nilai-nilai ajaran Islam pada pembelajaran Mafikibb di MAN 1 Kendari, terdiri atas 3 (tiga) tingkatan, yaitu: internalisasi tingkat filosofi, internalisasi tingkat materi dan internalisasi tingkat metodologi. Pelaksanaannya dimulai dari perencanaan pembela-jaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran. Bentuk pelaksanaannya menggunakan 6 (enam) bentuk yaitu; action, Adviced, Modeling, Integrated content, Correlated content, dan example and experience. Nilai yang me-miliki tingkat intensitas tinggi dalam pelaksanaan internalisasi pada pembelajaran Mafikibb meliputi; religius, disiplin, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, kedermawanan, kerjasama, demokratis, bertanggung jawab, berpikir kreatif, inovatif, logis, kritis, kerja keras, kemandirian, dan percaya diri. Faktor-faktor pendukung penginternalisasian nilai-nilai ajaran Islam dalam pembelajaran guna mewujudkan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari menjadi madrasah yang islami, unggul, populis, dan kompetitif secara internal adalah sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai, ruh jihad yang tinggi demi syiar Islam, sarana prasarana yang lengkap, strategi, pendekatan dan cara yang tepat, serta dana yang terkelol 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin