Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
302.23 Media Komunikasi, Media Massa
Datestamp
2018-01-15 04:48:11
Abstract :
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap berita media UIN Online terbagi atas lingkungan fisik dan sosial. Lingkungan fisik menunjukkan bahwa topik berita media UIN Online didominasi kegiatan birokrasi namun hal tersebut menjadi modal untuk mempromosikan UIN Alauddin Makassar, kurangnya nilai kedekatan dan kepentingan berita terhadap mahasiswa, beritanya kurang update, dan kurang terpenuhinya kebutuhan mahasiswa terhadap informasi UIN
Alauddin Makassar secara keseluruhan. Lingkungan sosial menunjukkan bahwa berita media UIN Online mengedepankan aspek fungsional informasi dan pendidikan dibandingkan dengan hiburan dan telah sesuai dengan norma-norma
keislaman. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa partisipasi mahasiswa terhadap berita media UIN Online masih minim karena kurangnya peluang dan inisiatif mahasiswa dalam berpartisipasi. Namun, telah disediakan kolom berita
untuk mengomentari, mengkritik berita yang disajikan.