Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2018-01-24 06:10:16
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas di
MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa, keaktifan belajar peserta didik di MTs
Madani Alauddin Kabupaten Gowa dan untuk mengetahui pengaruh menajemen kelas
terhadap keaktifan peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian
yang digunakan adalah Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa dengan jumlah 337 peserta
didik dan sampel penelitian yang berjumlah 84 peserta didik. Intrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket untuk manajemen kelas dan skala untuk keaktifan
belajar. Teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dan teknik
analisis inferensial dengan regresi sederhana.
Berdasarkan teknik analisis data statistik deskriptif, manajemen kelas di MTs
Madani Alauddin Kabupaten Gowa berada pada kategori sedang dan keaktifan belajar
peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa berada pada kategori sedang.
Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,250
lebih besar dari pada nilai t tabel distribusi dengan nilai 1,980 dengan taraf signifikansi
sebesar 5% (3,250 > 1,980) = (thitung > ttabel) berarti ada pengaruh manajemen kelas
terhadap keaktifan belajar peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa.