Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2018-01-25 03:28:16
Abstract :
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa secara kualitatif, terjadi beberapa perubahan. Peserta didik menunjukkan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yaitu pada siklus I sebesar 64,68 dengan standar deviasi 18,26 menjadi 84,03 dengan standar deviasi 10,40 pada siklus
II. Berdasarkan nilai rata-rata pada siklus I dan II, jumlah siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus I sebanyak 11 orang (32%) dan pada siklus II meningkat menjadi 29 orang (85,3%). Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Makassar dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan Mind Mapping.