Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
028.9 Kebiasaan Membaca, Minat Baca
Datestamp
2018-02-12 03:26:14
Abstract :
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh minat baca terhadap
kemampuan memahami bacaan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data
menggunakan statistik deskriptif untuk variabel minat baca diperoleh nilai rata-rata 135,19 berada pada kategori sedang dari skor angket terendah 83 dan skor tertinggi 160. Pada variabel kemampuan literasi membaca diperoleh nilai rata-rata 79,69 berada pada kategori sedang dari skor tes nilai terrendah 42 dan skor tertinggi 100. Adapun hasil analisis statistik inferensial (Analisis Regresi Linear Sederhana) diperoleh Fhitung = 14.759
> F = 4,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat baca terhadap kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IV SD Negeri Gunung Sari 1 Kec. Rappocini Kota Makassar.