Abstract :
Skripsi ini membahas tentang analisis tingkat layanan terhadap
perpustakaan pada dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten sinjai. Dengan
rumusan masalah.(1) Bagaimana bentuk layanan terhadap pemustaka pada Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai (2) Bagaimana tingkat kepuasan
pemustaka terhadap layanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Sinjai.
Tujuan penelitian ini adalah .(1) untuk mengetahui bagaimana bentuk
layanan terhadap pemustaka pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Sinjai. (2) untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pemustaka terhadap
layanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Borong.
dengan sampel sebanyak 95 orang pemustaka dari populasi pengunjung Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai sebesar 1.852 orang pemustaka
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Bentuk layanan terhadap
pemustaka yang ada pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai
adalah layanan referensi, layanan sirkulasi, layanan perpustakaan keliling, layanan
pelatihan atau magang, layanan internet, layanan bimbingan atau pembinaan
kearsipan, layanan pencarian dan penyimpanan arsip, yang menjadi fokus dalam
penelitian ini adalah layanan referensi dan layanan sisrkulasi. (2) Secara umum
tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan pada Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kabupaten Sinjai adalah memuaskan. Rata-rata skor jawaban
responden adalah sebesar 2,78 yang berarti berada dalam kategori penilaian yang
memuaskan. Persentase mayoritas pengunjung yang memberikan penilaian
memuaskan adalah sebesar 52,6% dari jumlah keseluruhan responden yang
menjadi sampel dalam penelitian ini.