Abstract :
Peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik dengan menggunakan kartu kata diperkuat berdasarkan konversi ke dalam nilai. Dari 16 jumlah peserta didik yang diteliti pada siklus I diperoleh rata-rata nilai motivasi
belajar bahasa Inggris sebesar 69,87. Nilai yang dicapai peserta didik terbesar dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 62,5 dari nilai maksimal yang mungkin dicapai, yaitu 100 dengan rentang nilai 0 – 100 dan median berpusat
pada nilai 70. Terakhir, yaitu modus 75 yang dicapai oleh 6 orang. Selanjutnya, nilai motivasi belajar pada siklus II menunjukkan bahwa dari 16 jumlah peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,37. Nilai yang dicapai peserta didik terbesar dengan nilai 85 dan nilai terendah 62,5 dari nilai maksimal yang mungkin
dicapai, yaitu dengan 100 dengan rentang nilai 0 – 100 dan media berpusat pada nilai 85, serta modus sebanyak 85 yang dicapai oleh peserta didik 10 peserta didik. Dapat dinyatakan bahwa terdapat perubahan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas VI SDS Terpadu Bani Rauf Kec. Somba Opu Kab. Gowa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I, motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas VI SDS Terpadu Bani Rauf Kec. Somba Opu Kab. Gowa dikategorikan tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat tinggi.