Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Datestamp
2018-03-28 01:33:17
Abstract :
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan pemahaman konsep matematika
dasar siswa kelas VIII MTsN Balang-balang dan untuk mengetahui faktor-faktor apa
saja yang menyebabkan sulitnya pemahaman konsep matematika dasar pada siswa
kelas VIII MTsN Balang-balang Kab Gowa.
Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTsN Balang-balang sebanyak 226 siswa yang akan
dikategorikan menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi dengan
menggunakan tes awal atau tes pengkategorian. Kemudian peneliti mengambil
masing-masing 13 orang perkategori untuk diberi tes diagnostik dan mangambil
kembali masing-masing 2 orang perkategori yang akan diwawancarai. Instrumen
yanag digunakan pada penelitian ini adalah tes awal atau pengkategorian, tes
diagnostik dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
pemaparan data, analisis tujuan penelitian dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesulitan pemahaman konsep yang
dialami oleh siswa terbagi atas 4 tipe yaitu: (1) Kesulitan pemahaman fakta, (2)
Kesulitan operasi dan proses perhitungan, (3) Kesulitan pemahaman prinsip dan (4)
Kesulitan pemahaman konsep. Namun berdasarkan hasil persentase keseluruhan tipe
yang dialami siswa maka terbukti bahwa kesulitan pemahaman konsep matematika
siswa tergolong tinggi dari tiga tipe lainnya, hal ini dapat dilihat dari persentase
kesulitan pemahaman konsep peserta didik pada tabel persentase mencapai 78%
sementara ketiga tipe lainnya di bawah 78% dan faktor-faktor yang menyebabkan
kesulitan pemahaman konsep matematika siswa terdiri atas dua faktor yaitu faktor
eksternal dan faktor internal.