Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Datestamp
2017-05-03 02:54:52
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan
citra merek smartphone Samsung terhadap kepuasan konsumen di Kota Makassar dan
variabel mana yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Kota
Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat Kota Makassar yang menggunakan smartphone
Samsung yang dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden.
Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, regresi linear
berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
diferensiasi produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen. Dari perhitungan
uji F diketahui bahwa F hitung = 106,271 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,5.
Diferensiasi produk mempunyai koefisien regresi sebesar 0,163 dan citra merek
mempunyai koefisien regresi sebesar 0,602. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
variabel citra merek adalah variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan
konsumen di Kota Makassar.