Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemamfaatan smartphone
sebagai sumber informasi terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa
jurnalistik dan mengetahui seberapa besar pengaruh pemamfaatan smartphone
sebagai sumber informasi terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa
jurnalistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif kuantitaif. Teknik pengambilan sampel adalah berdasarkan
kemudahan (convenience) pada mahasiswa jurnalistik Fakultas Dakwah dan
Komunikasi sebanyak 72 orang. Peneliti menggunakan kuesioner, observasi dan
dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh pemamfataan
Smartphone terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa jurnalistik
fakultas dakwah dan komunikasi UIN Alauddin Makassar dimana hasil uji hipotesis
menunjukkan nilai t_hitung=3,449>t_tabel=1,99, maka hipotesis nol (H_0 ) ditolak,
dan hipotesis alternatif (H_1 ) diterima. Besar pengaruh pemamfaatan Smartphone
terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa adalah 14,5% dan sisanya
85,5%. Artinya bahwa pengaruh pemamfaatan Smartphone cukup berpengaruh
terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa Jurnalistik Fakultas Dakwah
dan Komunikasi, dan 85.5% faktor-faktor lain yang tidak dianalisis.
Implikasi Penelitian merekomendasikan kepada mahasiswa agar
memanfaatkan media baru dengan memilih ragam dan isi media yang mencerdaskan,
karena media baru memiliki potensi paling besar dalam mempengaruhi dan
mengarahkan cara pikir dan cara bertindak. Bagi dunia pendidikan khususnya
perguruan tinggi yang mengemban misi membudayakan dan memberdayakan
mahasiswa diharapkan dapat terwujud sehingga dipandang perlu memasukkan
“media literacy education” ke dalam kurikulum sebagai metode pembelajaran dan
sebagai wahana pelatihan dan pembiasaan mahasiswa untuk memanfaatkan media
baru. Smartphone dapat dimanfaatkan sebagai rujukan dalam melakukan penelitian
berikutnya terutama mengenai pengaruh pemanfaatan Smartphone sebagai sumber
informasi terhadap tingkat kecerdasan menulis berita dengan menambahkan variabelvariabel
lain yang berkontribusi pada peningkatan menulis berita pada kalangan
akademisi dan mahasiswa.