DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pemamfaatan Smartphone sebagai Sumber Informasi terhadap Kecerdasan Menulis Berita Mahasiswa Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
Total View This Week48
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
384.6 Telepon 
Datestamp
2017-05-03 06:55:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemamfaatan smartphone sebagai sumber informasi terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa jurnalistik dan mengetahui seberapa besar pengaruh pemamfaatan smartphone sebagai sumber informasi terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa jurnalistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitaif. Teknik pengambilan sampel adalah berdasarkan kemudahan (convenience) pada mahasiswa jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi sebanyak 72 orang. Peneliti menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh pemamfataan Smartphone terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa jurnalistik fakultas dakwah dan komunikasi UIN Alauddin Makassar dimana hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t_hitung=3,449>t_tabel=1,99, maka hipotesis nol (H_0 ) ditolak, dan hipotesis alternatif (H_1 ) diterima. Besar pengaruh pemamfaatan Smartphone terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa adalah 14,5% dan sisanya 85,5%. Artinya bahwa pengaruh pemamfaatan Smartphone cukup berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan menulis berita mahasiswa Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dan 85.5% faktor-faktor lain yang tidak dianalisis. Implikasi Penelitian merekomendasikan kepada mahasiswa agar memanfaatkan media baru dengan memilih ragam dan isi media yang mencerdaskan, karena media baru memiliki potensi paling besar dalam mempengaruhi dan mengarahkan cara pikir dan cara bertindak. Bagi dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi yang mengemban misi membudayakan dan memberdayakan mahasiswa diharapkan dapat terwujud sehingga dipandang perlu memasukkan “media literacy education” ke dalam kurikulum sebagai metode pembelajaran dan sebagai wahana pelatihan dan pembiasaan mahasiswa untuk memanfaatkan media baru. Smartphone dapat dimanfaatkan sebagai rujukan dalam melakukan penelitian berikutnya terutama mengenai pengaruh pemanfaatan Smartphone sebagai sumber informasi terhadap tingkat kecerdasan menulis berita dengan menambahkan variabelvariabel lain yang berkontribusi pada peningkatan menulis berita pada kalangan akademisi dan mahasiswa. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin