DETAIL DOCUMENT
Penerapan Permainan Leg Puzzle Untuk Meningkatkan kemampuan Berhitung permulaan pada anak di RA Nurinsani Tamarunang Kabupaten Gowa
Total View This Week4
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
510.285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Matematika 
Datestamp
2018-12-07 07:19:20 
Abstract :
Masalah pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berhitung permulaan siswa sehingga diperlukan permainan yang dapat membantu peserta didik dalam berhitung dan permainan yang dianggap tepat adalah permainan Leg Puzzle di RA Nurinsani Tamarunang Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan peserta didik RA Nurinsani Tamarunang Kabupaten Gowa melalui penerapan permaian Leg Puzzle. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan akhir siklus II serta data hasil observasi dan keaktifan peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tes analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan dua kali tes, ratarata pada siklus I adalah 2,59 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 52,94% yaitu 9 peserta didik dari 17 termasuk dalam kategori tuntas dan 47,06% atau 8 peserta didik dari 17 termasuk dalam kategori tidak tuntas sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 3,43 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 82,35% yaitu 14 peserta didik dari 17 termasuk dalam kategori tuntas dan 17,65 % atau 3 peserta didik dari 17 termasuk dalam kategori tidak tuntas. Ini berarti bahwa terjadi peningkatan rata-rata kemampuan berhitung permulaan peserta didik sebanyak 0,84 dari siklus I ke siklus II dan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 29,41% dari siklus I ke Siklus II 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin