DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan,Promosi dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Angota pada Credit Union (CU) Tirtadana di Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Darma Cendika
Author
Jehabut, Filinonsi
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-04-21 11:11:08 
Abstract :
Perkembangan gerakan koperasi di Indonesia mengalami pasang surut yang luar biasa, Jenis koperasi yang berkembang di Indonesia ada beragam, antara lain koperasi simpan pinjam, koperasi serba usaha, koperasi pegawai dan ada yang tengah berkembang saat ini yakni Koperasi Simpan Pinjam Credit Union. Koperasi memiliki peran yang positif, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam peningkatan perekonomian nasional di Indonesia. Peran koperasi diantaranya dalam peningkatan kemajuan ekonomi bagi anggotanya dan bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Anggota Pada Credit Union (CU) di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Crediu Union Tirtadana di Surabaya. Sampel sebanyak 75 responden, pengumpulan data menggunakan Kuisioner yang disebarkan kepada anggota Credit Union (CU) Tirtadana di Surabaya, dalam penelitian ini teknik yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 20 adalah sebagai berikut, uji validitas yang dilakukan semua item pernyataan dikatakan valid dimana r hitung >.dari r tabel (0,2272) serta dalam uji reliabilitas nilai cronbach alpha pada semua variabel > 0,60 dan nilai Koefisien determinasi R square 0,559 dimana pada nilai adjusted R square sebesar 0,540 yang menujukan bahwa semua variabel independen memiliki kontribusi yang cukup terhadap loyalitas anggota pada Credit Union Tirtadana di Surabaya. Uji Normalitas pada model Regresi memenuhi asumsi Normal, dan Uji Multikolinieritas memiliki nilai Tolerance >0,1 dan nilai VIF < 10. UJi Heteroskedasitas disimpulkan semua variable tidak terjadi Heteroskedasitas. Hasil Uji Regresi Linier Berganda di peroleh Y = -2,261+ 0,403 (X1) + 0.535 (X2) + 0.300 (X3). Hasil uji t diperoleh Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas anggota (Y) dengan nilai t hitung (4,159) > t tabel (1.99394) singifikan 0.000 < 0,05. Promosi (X2) berpengarug signifikan terhadap Loyalitas anggota (Y) dengan nilai t hitung 4,028 > t tabel (1.99394), signifikan 0,000<0,05. Kepercayaan (X3) berpengaruh signifikan taerhadap Loyalitas anggota (Y) dengan nilai t hitung 3,863>t tabel (1.99394) signifikan 0,000<0,05 
Institution Info

Universitas Katolik Darma Cendika