DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Media Sosial dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian pada Starbucks Cabang Merr Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Darma Cendika
Author
Kristanta, Hana Vania
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-04-21 11:12:49 
Abstract :
Pada era millenials ini perkembangan bisnis telah memasuki tingkat digitalisasi atau yang lebih kita kenal dengan industri 4.0 . Media sosial menjadi salah satu perangkat untuk bisa memperkenalkan sebuah merek. Salah satu brand coffee shop yang terkenal di Surabaya adalah Starbucks yang berlokasi di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, Kedung Baruk, Rungkut, Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan kesadaran merek terhadap minat beli dan keputusan pembelian pada Starbucks Cabang MERR Surabaya. Dalam penelitian menggunakan metode pengambilan sampel adalah metode random sampling dengan menggunakan pernyataan kuesioner melalui google form kepada 75 responden yang merupakan populasi penelitian ini yaitu konsumen dari Starbucks Cabang MERR Surabaya. Pada Uji Validitas didapatkan hasil bahwa semua item pernyataan pada kuesioner valid sehingga dapat digunakan untuk membantu penelitian skripsi ini. Pada Uji Reliabilitas semua item pernyataan memiliki hasil Cronbach?s Alpha diatas 0,6, kecuali pernyataan X.2.4. Pada Uji t didapatkan hasil penelitian variabel media sosial (X1) = 4,526 > 1,666 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,050 yang artinya media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Starbucks Cabang MERR Surabaya, variabel kesadaran merek (X2) = 3,040 > 1,666 dengan tingkat signifikan 0,003 < 0,050 yang artinya kesadaran berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Starbucks Cabang MERR Surabaya, variabel media sosial (X1) = 2,729 > 1,666 dengan tingkat signifikan 0,008 < 0,050 yang artinya media sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Starbucks Cabang MERR Surabaya, variabel kesadaran merek (X2) = 1,430 < 1,666 dengan tingkat signifikan 0,157 < 0,050 yang artinya kesadaran merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Starbucks Cabang MERR Surabaya, variabel minat beli (Y1) = 6,277 > 1,666 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,050 yang artinya minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Starbucks Cabang MERR Surabaya. Peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa variabel independent yaitu media sosial dan minat beli berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent yaitu keputusan pembelian pada Starbucks Cabang MERR Surabaya. Sedangkan variabel independent kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap variabel dependent yaitu keputusan pembelian pada Starbucks Cabang MERR Surabaya. 
Institution Info

Universitas Katolik Darma Cendika