DETAIL DOCUMENT
Analisa Penentuan Harga Jual Produk Coffee Table Menggunakan Metode Cost Plus pricing Pendekatan Full Costing PT. Dantrindo di Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Darma Cendika
Author
Kristinah, Devi Oktavia
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2022-04-21 12:02:50 
Abstract :
Metode penentuan harga jual produk dari PT. Dantrindo hanya berdasarkan perkiraan dengan berdasarkan pada faktor segmentasi pasar dan kompetitor serta tidak adanya penentuan markup secara khusus dalam harga jual produk sehingga perlu adanya evaluasi terhadap perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga jual produk coffee table menggunakan metode cost plus pricing pendekatan full costing jika diterapkan pada PT. Dantrindo di Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di PT. Dantrindo yang beralamat di Jalan Muncul Nomor 5-7, Keboansikep, Gedangan, Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yaitu dengan: mengidentifikasi biaya produksi dan biaya non produksi, menghitung setiap komponen biaya produksi dan biaya non produksi, menyusun perhitungan harga pokok produk dengan metode full costing, menghitung harga jual dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing, menghitung laba yang diharapkan perusahaan, menghitung persentase markup, mengidentifikasi persamaan dan perbedaan konsep perhitungan menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing, menghitung dan membandingkan harga jual produk menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing, melakukan pembahasan, analisis dan memberikan simpulan serta saran terhadap harga jual per unit produk coffee table. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara perhitungan harga jual produk menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing dengan selisih sebesar 1,14% per unit produk coffee table. Perbedaan tersebut disebabkan oleh penentuan harga jual produk coffee table hanya berdasarkan perkiraan dan tidak adanya penentuan markup secara khusus didalamnya. 
Institution Info

Universitas Katolik Darma Cendika