Abstract :
Metode penentuan harga jual produk dari PT. Dantrindo hanya berdasarkan
perkiraan dengan berdasarkan pada faktor segmentasi pasar dan kompetitor serta
tidak adanya penentuan markup secara khusus dalam harga jual produk sehingga
perlu adanya evaluasi terhadap perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan.Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga jual produk
coffee table menggunakan metode cost plus pricing pendekatan full costing jika
diterapkan pada PT. Dantrindo di Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di PT. Dantrindo
yang beralamat di Jalan Muncul Nomor 5-7, Keboansikep, Gedangan, Sidoarjo.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yaitu dengan:
mengidentifikasi biaya produksi dan biaya non produksi, menghitung setiap
komponen biaya produksi dan biaya non produksi, menyusun perhitungan harga
pokok produk dengan metode full costing, menghitung harga jual dengan metode cost
plus pricing dengan pendekatan full costing, menghitung laba yang diharapkan
perusahaan, menghitung persentase markup, mengidentifikasi persamaan dan
perbedaan konsep perhitungan menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus
pricing pendekatan full costing, menghitung dan membandingkan harga jual produk menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing, melakukan pembahasan, analisis dan memberikan simpulan serta saran terhadap harga jual per unit produk coffee table. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara perhitungan harga jual produk menurut perusahaan dengan menurut metode cost plus pricing pendekatan full costing dengan selisih sebesar 1,14% per unit produk coffee table. Perbedaan tersebut disebabkan oleh penentuan harga jual produk coffee table hanya berdasarkan perkiraan dan tidak adanya penentuan markup secara khusus didalamnya.