DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Go-Ride Gojek Pada Mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Darma Cendika
Author
Hatmoko, Gregorius Agung Dwi
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-03-22 06:31:07 
Abstract :
Seiring berkembangnya teknologi, maka bisnis transportasi juga mengalami perkembangan dimana dapat melakukan pemesanan transportasi secara online. Salah satu transportasi online yang ada adalah Gojek. Gojek merupakan bisnis transportasi online yang memiliki pengguna paling banyak saat ini. Oleh karena itu, Gojek harus mempertahankan kepuasan pelanggannya dengan memperhatikan beberapa faktor seperti kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian mahasiswa aktif fakultas ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika tahun akademik 2023.1 (gasal). Sampel dalam penelitian ini 100 responden yang pernah menggunakan pengguna jasa go-ride Gojek. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dikatakan semua item pernyataan valid dan semua variabel dinyatakan reliabel. Uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas semua sudah terpenuhi. Persamaan garis linear berganda Y = 1.287 + 0,184 X1 + 0,145 X2 + 0,135 X3 + 0,167 X4. Nilai adjusted R square sebesar 78,7% artinya kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek berkontribusi kuat terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menyatakan variabel Kualitas pelayanan (XI) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai t hitung sebesar 3.111 > t tabel 1.98 dan nilai sig 0.002 < 0.050. Variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai t hitung sebesar 2.292 > t tabel 1.98 dan nilai sig 0.024 < 0.050. Variabel Promosi (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai t hitung sebesar 2.058 > t tabel 1.98 dan nilai sig 0.042 < 0.050. variabel Citra merek (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai t hitung sebesar 2.0.50 > t tabel 1.98 dan nilai sig 0.043 < 0.050. 
Institution Info

Universitas Katolik Darma Cendika