DETAIL DOCUMENT
Implementasi KPKU-BUMN untuk Aktivitas Pengukuran Kinerja PDAM Surya Sembada Surabaya dengan Baldrige Criteria
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Darma Cendika
Author
Putri, Aprilia Dewi Lestari
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2023-04-17 03:23:41 
Abstract :
Perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini berkembang dengan pesat. Inilah tantangan bagi perusahaan, terutama perusahaan branded dengan nama besar, yang sudah melayani dan memiliki reputasi baik dimata masyarakat luas. Dimana dalam perkembangan zaman ini PDAM Surabaya berusaha keras untuk menghasilkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Dalam menghasilkan produk tersebut tidak lepas dari kinerja para karyawan agar semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi akan kebutuhan air bersih dengan tidak meninggalkan kualitas dari air tersebut. Malcolm Baldrige hadir sebagai salah satu metode untuk menjawab tantangan tersebut. Malcolm Baldrige Criteria atau Kriteria Malcolm Baldrige merupakan penuntun bagi suatu perusahaaan untuk mencapai kinerja ekselen yang terdiri dari 7 kriteria yaitu Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus pada Pelanggan dan Pasar, Pengukuran, Analisis dan Manajemen Pengetahuan, Fokus pada Tenaga Kerja, Fokus Operasi, dan Hasil. Evaluasi dari enam kriteria proses mengacu pada Approach, Deployment, Learning dan Integration sedangkan evaluasi kriteria hasil mengacu pada Level, Trend, Comparison dan Integration. Penelitian ini mengambil studi kasus PDAM Surya Sembada Surabaya yang merupakan suatu perusahaan BUMD. PDAM Surya Sembada terletak di Jl Mayjend. Prof. Dr. Moestopo No. 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari buku ilmiah, dokumen perusahaan, literatur dan internet sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan. Berdasarkan dari penilaian kinerja menggunakan kriteria pendekatan Malcolm Baldrige, PDAM Surya Sembada mendapatkan presentase nilai 52,63% untuk kriteria kepemimpinan, 63,29% untuk kriteria perencanaan strategis, 90,53% untuk kriteria fokus pelanggan, 85,54% untuk kriteria pengukuran, analisis dan manajemen pengetahuan, 52,75% untuk kriteria fokus tenaga kerja, 68,91% untuk kriteria fokus operasi dan 65,54% untuk kriteria hasil, sehingga total nilai yang didapatkan PDAM Surabaya adalah 66,92% dari nilai maksimal 1000. Level perusahaan pada saat ini berada pada level Emerging Industry Leader Malcolm Baldrige. Hasil penilaian kinerja perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan diposisi tengah dalam level Malcolm. 
Institution Info

Universitas Katolik Darma Cendika