DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Iklan dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce Shopee di Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Darma Cendika
Author
Ndururu, Togap Parningotan
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-04-19 09:40:18 
Abstract :
Electronic commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan internet, Shopee merupakan salah satu platform perdagangan melalui elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan e-service quality terhadap keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan pada e-commerce Shopee di Surabaya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melakukan pembelian di e-commerce Shopee di Surabaya. Pengolahan data dengan menggunakan Program WarpPLS 7.0. Validitas item pernyataan loyalitas pelanggan, keputusan pembelian, iklan dan e-service quality dinyatakan valid, seluruh variabel dalam penelitian ini dinyatakan reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian. Kriteria Goodness of Fit model telah terpenuhi dan hasil perhitungan Tenenhaus GoF (GoF) diperoleh sebesar 0.394 menunjukkan kekuatan prediksi model adalah besar.Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut : iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p-value 0.013 dan jalur koefisien 0.212, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p-value < 0.01 dan jalur koefisien 0.498, iklan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai p-value 0.002 dan jalur koefisien 0.270, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai p-value 0.002 dan jalur koefisien 0.274, keputusan Pembelian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai p?value 0.040 dan jalur koefisien 0.169, iklan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi ditolak, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi pada e-commerce Shopee di Surabaya diterima. 
Institution Info

Universitas Katolik Darma Cendika