Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Marketing mix,
Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Customer Satisfaction. Populasi
didalam penelitian ini sebanyak 200 orang. Pengambilan sampel dengan teknik
purposeive sampling, maka jumlah sampel sebanyak 66 resonden. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif. Pada kuesioner dilakukan test validitas dan
reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda,
termasuk uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable Marketing
Mix (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Customer
Satisfaction (Y) sedangkan variable Fasilitas (X3) secara parsial tidak
berpengaruh signifikan terhadap variable Customer Satisfaction. Hasil uji F
diperoleh nilai 11.250 mengidentifikasikan bahwa variabel Marketing Mix,
Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh secara secara simultan terhadap
variabel Customer Satisfaction (Y). Berdasarkan uji koefisien determinasi, sekitar
42.3% variabel Customer Satisfaction dipengaruhi oleh variable Marketing Mix,
Kualitas Pelayanan dan Fasilitas. Sisanya 57.7% dipengaruhi oleh faktor lainnya
yang tidak dijelaskan didalam penelitian ini